Bedah Buku "Rahasia Salinem"

salinem

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Perpustakaan Unair untuk menjadikan perpustakaan sebagai media interaksi adalah dengan mengadakan program-program kreatif dengan topik yang sedang disukai oleh mahasiswa. Perpustakaan mengadakan  kerjasama dengan Storial.co, Nulisbuku.com dan Goodreads Indonesia Chapter Surabaya. Kerjasama ini berupa penyelenggaraan acara bedah buku “Rahasia Salinem” yang menghadirkan Wisnu Suryaning A. dan Brilliant Y. selaku penulis “Rahasia Salinem”  serta Nabila Budayana selaku moderator. Acara bedah buku ini secara maraton diadakan di beberapa kota besar diantaranya Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Ubud.

Untuk Surabaya, bedah buku dilakukan di Perpustakaan Unair tepatnya di Ruang Wiyata Perpustakaan Kampus B. Walaupun diadakan pada malam hari yaitu pada pukul 18.00 - 20.00 WIB namun peserta yang datang untuk mengikuti acara ini jumlahnya banyak, kurang lebih 30 orang. Menurut salah satu peserta, dia senang jika acara semacam bedah buku ini sering dilakukan apalagi jika diselenggarakan pada malam hari. Karena pada malam hari seperti ini mereka mempunyai waktu luang sehingga bisa mengikuti acara. 

Buku "Rahasia Salinem" ini ditulis terinspirasi dari kehidupan tokoh Salinem yang memang benar-benar nyata. Kisah tentang Salinem yang masih ada hubungan keluarga dengan salah satu penulis yaitu Wisnu Suryaning Adji ini sengaja dirangkai dalam bentuk novel, agar dapat dinikmati oleh pembaca dan selanjutnya dapat dianggap sebagai kebetulan semata. Salinem, perempuan yang melepaskan segalanya demi cinta yang tidak biasa. Dia seorang abdi dalem yang mengabdikan hidupnya untuk keluarga keraton. Sepanjang hidupnya yang merentang hampir satu abad, sejak 1923-2013, ia bergelut dengan serangkaian peristiwa kelam. Namun barulah saat menjelang kematiannya, misteri hidup Salinem yang sesungguhnya terkuak. Misteri yang tidak hanya menggiyahkan keutuhan sebuah keluarga keturunan bangsawan, tapi juga mengungkap peran penting seorang jelata sebagai baut kecil yang mempertahankan keutuhannya selama hampir 100 tahun.

Yang menarik, hadir ayah dari Wisnu yang merupakan saudara dari Salinem. Dari penuturan beliau, Salinem merupakan perempuan sejati, dia menikmati dan menjalani dengan ikhlas setiap fase kehidupannya, entah itu menyenangkan maupun kehidupan yang kelam. Dia menikmati kodratnya sebagai ibu dari enam anak walaupun tidak pernah melahirkan anak-anaknya. 

Hits 112