LA IN: Book Recomendation dan Pojok Novel

77390681 1240948022740796 4548639136927449088 o

Berkreasi dalam segala hal itu perlu dilakukan, terutama dalam kehidupan di lingkungan kampus. Dalam memenuhi mata kuliah Layanan Jasa Informasi, mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan (IIP) dituntut untuk berkreasi dengan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen pengampunya, yaitu Drs. Koko Srimulyo, S.Sos., M.Si. Para mahasiswa yang mengambil mata kuliah diatas dibagi menjadi enam kelompok, dan setiap kelompok membuat kreasi dengan LAyanan INformasi yang mereka singkat dengan nama LA IN.

Karya inovasi mereka dipamerkan di Loby Perpustakaan Unair Kampus B selama tiga hari mulai tanggal 26 - 28 November 2019. Untuk hari pertama yang mendapatkan giliran adalah kelompok yang menampilkan inovasi layanan Pojok Novel dan Recomendation Book. Layanan Pojok Novel merupakan ide yang muncul dari kelompok tersebut karena beberapa hal, diantaranya adalah untuk memudahkan pemustaka untuk mendapatkan referensi koleksi yang bersifat rekreatif, mempromosikan koleksi-koleksi novel terbaru dan best seller yang dimiliki serta membantu pemustaka menghilangkan rasa penat setelah membawa koleksi rekreatif yang disajikan.

Kelompok lain yang juga tidak kalah menarik dalam menyajikan LA IN adalah kelompok enam dengan Recomendation Book. Dalam inovasinya kelompok ini mendata buku-buku dalam beberapa genre diantaranya drama, misteri, romance, science fiksi, thiller,dll yang dibedakan warnanya pada masing-masing genre. Pemustaka bisa mendapatkan rekomendasi buku melalui dua cara, yang pertama adalah melalui tabel yang sudah disusun, misalkan untuk drama berwarna biru. Pemustaka diminta mengambil di toples yang berisi kertas dengan warna sesuai genre. Kertas-kertas tersebut sudah berisi informasi tentang buku seperti judul buku, rating, genre, lokasi buku yang ada di perpustakaan, dan kutipan dari buku yang bisa bisa menambah ketertarikan untuk membaca bukunya.

Tidak hanya kelompok ini, namun di hari berikutnya ada kelompok yang berbeda dengan LA IN yang berbeda pula tentunya lebih menarik dan berusaha mendekatkan perpustakaan dengan pemustakanya. 

 

Hits 31