Workshop Ruang Baca Fakultas dan Tim Repository

workshop malangSabtu dan Minggu 7-8 Desember 2019, Perpustakaan UNAIR mengadakan pelatihan yang mengundang kolega dari Ruang Baca Fakultas, yakni pengelola dan beberapa pihak yang terkait dengan Layanan Repository, mereka adalah Bagian Sumber Daya Fakultas. Pelatihan ini diharapkan menyamakan satu persepsi dalam pelayanan repository khususnya dalam membantu staf pengajar ataupun peneliti yang karyanya dipublikasikan untuk meningkatkan karir mereka. Acara dibuka terlebih dahulu oleh Kepala Perpustakaan UNAIR, Bapak Prof. Dr. I Made Narsa, S.E., M.Si., Ak., C.A dan sekaligus memberikan materi mengenai kualitas layanan.

Layanan Perpustakaan, menurut beliau, terus bergerak ke arah perubahan sesuai perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia. Beliau menuturkan, di era lama, pustakawan atau staf perpustakaan, hanyalah seorang petugas atau penjaga buku, namun dengan makin berputarnya jaman, pustakawan ataupun staf dituntut untuk lebih dari itu, yakni bertranformasi sebagai konsultan atau bahkan menjadi seorang katalis. Ke depan, sangat diharapkan bila staf atau pustakawan mampu menjadi mitra peneliti dan juga pelanggannya untuk meningkatkan kualitas pengetahuan yang dimiliki bahkan output bagi institusi yang menaungi.

Sesi selanjutnya diberikan oleh Bapak Dr. Purnawan Basundoro yang menjelaskan materi mengenai kapasitas pustakawan UNAIR melalui kegiatan literasi informasi. Beliau memberikan semangat dan kekuatan untuk seluruh pustakawan UNAIR agar selalu menjadi tonggak utama dalam memasyarakatkan literasi bahkan jadi motor untuk memerangi hoax yang selalu melanda masyarakat kita saat ini. Pustakawan diharapkan menjadi agent of change bukan hanya terkungkung dalam kegiatan administratif belaka namun juga bisa melaksanakan kegiatan kreatif serta proaktif. Dalam penyampaian materi, beliau memberikan berita baik untuk para pustakawan yang saat ini masih mengenyam pendidikan D3, harus melanjutkan ke jenjang S1 bahkan S1 juga harus melanjutkan ke jenjang S2 dan Bagian SDM akan siap membiayai, sehingga pustakawan dapat meningkatkan jenjang karir dengan baik.

Pelatihan kali ini juga dilengkapi dengan materi mengenai Swapinjam atau peminjaman secara mandiri dan dipaparkan oleh Programmer Perpus UNAIR yakni Prasasti Irianto, juga materi Library Class yang disampaikan oleh Novita Dwi Anawati dan sesi terakhir Sabtu 7 Desember 2019 dilengkapi oleh Bapak Farid Zakaria yang menyampaikan tentang aplikasi pengadaan buku yang sangat diperlukan untuk peningkatan koleksi di RBC atau perpustakaan.

Sesi Minggu 8 Desember 2019 diberikan oleh Bapak Ika Rudianto mengenai bagaimana proses mengunggah repository dari persiapan hingga akhir pengunggahan. Di sesi ini pulalah, kegiatan diskusi dilakukan untuk mengungkapkan beragam permasalahan sehingga bisa dipecahkan dengan baik.

Hits 102