Ordinary People

resensi uwik1

 

Judul Buku     : Orang – Orang Biasa ( Ordinary People )

 Penulis          : Andrea Hirata

Penerbit         : Yogyakarta. Bentang Pustaka 2019

Tebal Buku    : xii + 300 halaman

Nomor Klas    : 899.221 Hir o

Lokasi             : KK-1Perpustakaan Unair Kampus B

Resensor        : Dwi Prihastuti

Siapa sih yang tidak mengenal Andrea Hirata yang terkenal dengan Novel Laskar Pelanginya. Novel Orang – Orang Biasa ini merupakan novel ke 10 yang di terbitakan pada 2019 ini. Berbeda dengan cerita Laskar Pelangi yg fenomenal menceritakan bagaimana mimpi seorang anak dari “nothing” bisa menjadi “something”. Cerita novel ini kebalikannya dimana noverl Orang-Orang Biasa ini bercerita tentang sepuluh sekawan yang bernasib sial sejak kecil. Mereka murid-murid terbodoh di kelas sekaligus datang dari keluarga miskin. Lantaran bodoh dan miskin, mereka jadi sasaran empuk penindasan.

Di novel ini para pem-bully itu adalah Trio Bastardin dan Duo Boron. Nasib buruk itu berlangsung hingga mereka dewasa. Mereka tak bisa keluar dari lingkaran kemiskinan seperti sekawan di Laskar Pelangi. Di sini Andrea Hirata  menunjukkan kepiawaiannya. Dengan sudut pandang yang serba maha tahu yg  berkisah inti cerita Orang-orang Biasa adalah rencana perampokan bank. Alkisah, Dinah, salah satu dari sepuluh sekawan, punya anak perempuan yang diterima masuk perguruan tinggi fakultas kedokteran. Kita tahu biaya kuliah jadi dokter sangat mahal.

Sepuluh sekawan lalu bersepakat akan merampok bank untuk membiaya kuliah tersebut. Cara bercerita maha tahu memungkinkan Andrea berbual-bual mengeksplorasi kebodohan dan kesialan tokoh-tokohnya. Kerap kali ia menggambarkan kemalangan nasib mereka secara berlebihan. Tentu saja cara itu berhasil membuat kita terpingkal-pingkal maupun tersenyum getir.

Andrea Hirata seorang pencerita ulung. Ia pandai memainkan kata yang mampu mengaduk emosi, entah haru, marah atau tawa. Penasaran membacanya, Novel ini tersedia di ruang koleksi khusus -1 Perpustakaan Unair Kampus B.

Selamat Membaca

Hits 62