Bercerita di PPT Melati, PAUD Binaan Perpustakaan

IMG 9780

Udara Surabaya yang sudah terik di pagi hari tidak menghalangi semangat para pustakawan Perpustakaan Unair untuk berangkat menuju ke salah satu paud di kecamatan Gubeng. Berada di daerah Kedung Tarukan, PPT Melati yang sudah beberapa tahun menjadi paud dengan taman baca binaan Perpustakaan menjadi salah satu dari dua sekolah yang akan didatangi oleh tim dari Perpustakaan. Kedatangan tim dari Perpustakaan adalah untuk memberikan story telling, serta menambah bantuan buku di taman baca binaan. Sebelum memulai bercerita, dilakukan perkenalan terlebih dahulu agar menambah keakraban dengan murid-murid serta orang tua murid. Setelah itu, murid-murid diajak untuk bernyanyi bersama dengan lagu baby shark. Murid-murid sangat senang diajak bernyanyi bersama dan perhatian mereka sudah tertuju pada tim dari perpustakaan, selanjutnya mulai dilakukan story telling.

Topik story telling yang diberikan kepada murid-murid PPT Melati adalah tentang Petualangan Kelinci dan Katak. Dimana dalam story telling yang dikonsep dengan bentuk drama ini menceritakan tentang perjuangan dan kerja keras kelinci dan katak agar bisa lepas dari kejaran serigala. Serigala yang sedang lapar, berkeliling hutan untuk mencari mangsa. Tidak tahunya ada kelinci dan katak yang sedang bertualang di hutan dan berangkat sejak pagi buta. Kedua binatang itu tidak menyadari bahwa serigala mengintai mereka. 

Serigala yang berusaha menerkam kelinci dan katak, harus menelan kekecewaan karena tidak berhasil menangkap mereka. Kelinci dan katak berhasil melarikan diri dengan menggunakan kayu untuk menyebrangi sungai. Karena arus sungai yang sangat deras, serigala tidak berani mengejar mereka. Hanya bisa memandangi kedua binatang itu menjauh, dan tidak menjadi santapannya yang sedang lapar. Tidak berhenti disitu, kelinci dan katak harus menghadapi masalah lagi, yaitu arus sungai yang sangat deras membuat kayu menjadi tidak seimbang dan kelinci yang tidak pandai berenang takut jatuh dan tenggelam di sungai. Namun, katak yang pandai berenang tidak diam saja. Dengan sifat sebagai kawan sejati, katak turun ke sungai dan mendorong kayu agar bisa ke pinggir sungai sehingga mereka bisa melanjutkan perjalanan kembali.

Murid-murid terlihat antusias mendengar cerita yang dibawakan oleh tim dari Perpustakaan yang terdiri dari Fahimatun Nafisa (narator), Wahyuni berperan sebagai kelinci, Noviyanti sebagai katak dan Siti Muzaroh sebagai serigala. Selesai bercerita murid-murid diberikan pertanyaan ringan seputar cerita kelinci dan katak; tentang warna dan angka dalam bahasa Inggris, doa makan hingga diminta maju untuk bernyanyi. Yang bisa menjawab dan berani maju mendapatkan hadiah berupa buku cerita. Hal ini agar semakin menarik minat para murid untuk tertarik pada buku, apalgi buku yang diberikan adalah buku-buku cerita yang menarik. Bukan hanya muridnya yang mendapatkan hadiah buku, namun sekolah PPT Melati juga mendapatkan tambahan buku cerita untuk menjadi koleksi di taman baca sekolah. 

Bu Istu, selaku pengurus PPT Melati dalam sambutannya mengatakan bahwa kerjasama dengan perpustakaan Unair sudah lama dilakukan dan sampai saat ini terpelihara dengan baik. Bahkan setiap tahun, Perpustakaan selalu mengundang sekolah yang menjadi binaan termasuk PPT Melati untuk hadir dalam kegiatan yang diadakan oleh perpustakaan. Kegiatan tersebut berupa pelatihan maupun seminar bagi guru dan orang tua terkait dengan pendidikan anak. Beliau berharap, hubungan baik ini akan tetap dilakukan sampai kapanpun.

 

Hits 98