Rapat Kerja Perpus UNAIR

IMG 0156 2Perpustakaan UNAIR dalam agenda akhir tahunnya kembali mengadakan Rapat Kerja yang mengevaluasi semua kegiatan dan program kerja yang akan dilaksanakan di tahun 2020 dengan melibatkan semua lini Tim Manajemen. Tim Manajemen diantaranya dari Keuangan, Layanan (A, B dan C), Hubungan Masyarakat (Humas), Pembinaan Koleksi (Binkol), Teknologi Informasi (TI), Penelitian dan Pengembangan (Latbang), Kelompok Pustakawan, Pengabdian Masyarakat (PengMas), Ketenagaan, Sarana Prasarana dan di hari terakhir Tim Penilai Angka Kredit untuk kenaikan pangkat. Setiap seksi diwakili oleh koordinator yang menyampaikan beberapa rencana ke depan yang harus diwujudkan di tahun 2020.

Dalam setiap pemaparan program, ada beberapa hal yang penulis tuturkan ringkasannya diantaranya, Layanan A, B dan C akan memiliki beberapa hal tematik yakni penayangan buku-buku yang disesuaikan dengan event sehingga mampu meningkatkan minat baca pelanggan dengan mengetahui koleksi unggulan yang disajikan bahkan suatu saat nanti akan menghidupkan kembali layanan referensi yang bersifat konsultatif. Sementara dalam program kerja TI, akan ditambahkan komputer-komputer swapinjam di mana untuk mempermudah peminjaman secara mandiri di tiap kampus, selain itu, TI juga akan mengembangkan layanan jawab WA 24 melalui LISA (your library assistance) yang mampu menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan, sehingga memperingan tugas dan bila pertanyaan detil ditanyakan, diarahkan ke nomor WA resmi Humas di 082231517409. Ke depan, Humas yang mengelola media sosial perpustakaan, memiliki rencana kerja untuk memberikan informasi seputar perpustakaan melalui #DuniaPerpus yang akan ditayangkan di Twitter serta video #NgapainDiPerpus di Instagram. Di bagian Latbang, yang selama ini menangani kelas-kelas literasi informasi, akan merombak kembali isi atau muatan materi yang selama ini diajarkan karena adanya perubahan yang begitu cepat, selain itu juga akan memetakan pustakawan yang disesuaikan dengan minat sehingga siap mengajar.

Pada bagian binkol, pembaruan untuk beberapa fitur di repo dan pengecekan kembali jurnal-jurnal yang dikelola oleh agregator sehingga tidak terjadi duplikasi. Selain itu TI yang telah menjadi infrastruktur atau tulang punggung semua layanan, diharapkan untuk memasukkan jurnal cetak dan majalah ke dalam sistem, sehingga semua koleksi dalam terhubung dan terkoneksi serta memudahkan pencarian. Rencana kerja yang selalu dilakukan oleh Perpustakaan UNAIR juga mendapatkan evaluasi langsung dari Kepala. Koreksi dilaksanakan agar rencana dapat terwujud dengan baik bahkan memberikan hasil yang optimal. Selain merancang kerja, beberapa evaluasi pun dilakukan ditiap lini agar ke depan makin cemerlang.

Hits 68
 
 
 

semiloka.pua2020