Layanan Swapinjam dan Perpustakaan UNAIR yang Beralih pada Paperless

P 20191209 132942 vHDR Auto

Layanan swapinjam mulai diadakan di Perpustakaan Unair pada pertengahan bulan November 2019. Layanan ini memberikan kesempatan pada sivitas akademika Unair untuk memproses buku yang akan dipinjam secara mandiri. Sebenarnya layanan ini sudah ada pada tahun 2015 dan sempat terhenti karena beberapa hal, namun saat ini dimunculkan kembali. Dengan sistem yang baru digunakan oleh perpustakaan beberapa tahun terakhir yaitu, AILIS memberi kemudahan pada proses layanan Swapinjam.

Undak dapat menikmati layanan Swapinjam, sivitas akademika harus melakukan sinkronisasi antara sistem layanan Swapinjam dengan cyber campus. Setelah berhasil melakukan sinkronisasi, maka sivitas akademika bisa memanfaatkan layanan Swapinjam dengan memasukkan NIM dan password cyber campus. Sivitas akademika harus memastikan bahwa nomor handphone (HP) yang tercantum masih aktiv dengan aplikasi WA dan tidak lupa data diri dipastikan tidak ada yang salah. Jika nomor HP atau data diri ada yang berubah, bisa langsung diupdate oleh sivitas sendiri melalui aplikasi Swapinjam.

Buku yang ingin dipinjam bisa langsung diletakkan di circulation assistant dan daftar buku otomatis akan muncul di layar, sivitas akademika tinggal mencocokkan antara buku yang di pinjam dengan daftar buku yang muncul di layar. Jika sudah benar semua, sivitas akademika bisa klik tombol selesai, jangan lupa untuk logout dari akun Swapinjam. Setelah itu tetap menuju ke meja petugas bagian sirkulasi untuk menetralkan buku yang dipinjam agar tidak bunyi ketika melewati pintu keluar. Dan dipastikan menerima informasi peminjaman buku yang dikirim secara otomatis melalui WA di nomor yang tercantum di akun Swapinjam. 

Dengan mengirimkan notifikasi melalui aplikasi WA, maka tidak diperlukan lagi bukti peminjaman dalam bentuk cetak atau dengan kata lain adalah perpustakaan menuju ke paperless. Bukan hanya untuk layanan peminjaman, namun layanan perpanjangan dan pengembalian juga dikirimkan notifikasi melalui WA. Dan pemberitahuan pada sivitas tentang jatuh tempo peminjaman juga dilakukan mellaui aplikasi WA. Yang mana hal tersebut lebih memberikan kemudahan dan keefisienan dalam pelayanan.Sampai dengan saat ini bagi sivitas akademika yang baru pertama kali memanfaatkan layanan Swapinjam akan didampingi oleh petugas dan dijelaskan langkah-langkah dalam memanfaatkan layanan Swapinjam.

Hits 177
 
 
 

semiloka.pua2020