Memahami dan mengerti DDC

ddc2

Judul buku      : Understanding DDC

Pengarang       : Rotmianto Mohamad, A.Md, S.Kom

Penerbit           : Selembar Papyrus

Tahun terbit    : 2017

Tebal buku      : 146 halaman

Resensor          : Djuwarnik

Pustakawan yang menulis buku tentang panduan pengklasifikasian koleksi perpustakaan masih sedikit,  seorang diantaranya yaitu Rotmianto Mohamad.  Rotmianto adalah alumni Universitas Airlangga tahun 1997 jurusan ilmu perpustakaan.  Rotmianto berpredikat sebagai pustakawan berprestasi tingkat Provinsi Jawa Timur dan Nasional versi Perpustakaan Nasional RI tahun 2014 dan 2015.

Beliau menulis buku yang diberi judul  Understanding DDC. Buku ini mengadopsi buku karya Melvil Dewey seorang pustakawan Amerika yang berjudul Dewey Decimal Classification (DDC). Dimana DDC ini banyak digunakan sebagai pedoman pengklasifikasian pada perpustakaan-perpustakaan di dunia.

Selain menulis buku beliau juga seorang Kreator e-Class & Leader of Team e-DDC yaitu suatu Aplikasi bebas berbayar (freeware) untuk membantu pustakawan dan/atau pegiat perpustakaan menentukan nomor klasifikasi berbasis DDC.

Buku ini tentu saja ditujukan bagi pengelola perpustakaan untuk memahami skema dari DDC dan bagaimana cara menggunakan DDC. Buku ini memberi gambaran ringkas dari DDC yang asli yang terdiri dari 4 volume yang terdiri dari kurang lebih 4000 halaman. Skema DDC digambarkan secara runtut bab demi bab mulai dari Bab 1 tentang klasifikasi : Titik pembeda yang fundamental, Bab 2 tentang Sejarah DDC, Bab 3 tentang Prinsip dasar DDC, Bab 4 tentang  Penggunaan DDC dan Dasar Penentuan Nomor Klasifikasi, Bab 5 tentang Analisis Subyek, Bab 6 tentang Membangun Nomor Klasifikasi, Bab 7 Option (Opsional), Bab 8 Pembacaan dan Penulisan Nomor kelas, Bab 9 tentang Klasifikasi Islam, Bab 10 tentang Aplikasi Komputer untuk Klasifikasi, Bab 11 tentang e-Class (Electronic Classification), Bab 12 tentang Hak ipta e-Class, Bab 13 tentang Plugin dan Add-ons e-DDC, Bab 14 tentang e-Class mobile, sampai Bab 15 tentang contoh-contoh kasus dalam pengklasifikasian.

Meskipun buku  ini bentuk fisiknya mungil namun isinya cukup menggambarkan bagaimana cara memanfaatkan DDC. Dalam menuangkan ide-ide memang cukup lengkap, penguasan tentang buku yang diadopsi lumayan bagus, sehingga penguasaan teori dan metodologi penulisan cukup kuat. Apabila dibandingkan dengan karya sejenis, keunggulan buku ini adalah lebih lengkap. Pemaparan materi dilengkapi contoh-contoh dalam bentuk table, sehingga memudahkan untuk dipahami. Skema dan gaya penulisannya sudah baik dan benar.

Kelemahan buku masih menggunakan jenis kertas yang kurang berkualitas, font huruf terlalu kecil. Akan lebih menarik jika jenis kertas lebih berkualitas dan font huruh lebih besar.

Hits 148