“Aku Tenang Aku Menang”

abc5f329bfe874972b5d3c909a258d3d

Judul Buku                : Sejenak Hening: Menjalani Setiap Hari Dalam Hidup Dengan Sadar, Sederhana Dan Bahagia

Penulis                      : Adjie Santosoputro

Penerbit                    : Metagraf, 2018

Deskripsi Fisik           : Paper Back, Xvii, 310 Hlm.; Ilus.; 21 Cm.

ISBN                           : 9786029212853

Resensor                   : Yuliana Ariandini Ayuningtyas

Lokasi                       :

No. Barcode

No. Panggil

Akses

Lokasi

Ketersediaan

213118211

153.8 San s-3

Baca di tempat

Perpustakaan Pusat – KK KKC

Tersedia

213018211

153.8 San s-2

Baca di tempat

Perpustakaan Pusat – KK KKA

Tersedia

211918211

153.8 San s-1

Baca di tempat

Perpustakaan Pusat – KK-1 KKB

Tersedia

 

Resensi:

Untuk mengawali tahun ini marilah kita merefleksikan diri dengan bacaan ringan dari buku Sejenak Hening yang mana mengajak pembacanya untuk sejenak berhenti dari segala ketergesa-gesaan dalam hidup. Menikmati momen ke-kini-an dan ke-disini-an. mengajak kita untuk lebih sadar akan apa yang tengah kita lakukan, kemudian menikmatinya.

Dengan bahasa yang ringan tapi sarat makna, buku ini tidak terkesan menggurui. Membaca Sejenak Hening seolah sedikit menekan (kalau belum bisa dikatakan mematikan) tombol ambisi dalam hidup. Dalam buku ini, kita akan menemukan banyak makna kebahagiaan: kepuasan (satisfied), rasa terpenuhi (fulfilled), rasa lega (relieved), keluarga, teman, dan sahabat (other people matter). Dan semua iu tak semata mata bisa dibeli dengan materi, kalaupun ingin mendapat kebahagiaan dari materi, caranya adalah dengan membahagiakan orang lain dengan materi itu.

Banyak hal yang bisa didapat dari buku ini, ehmm.. tercerahkan lebih tepatnya tentang konsep meditasi sendiri, bahwa meditasi adalah cara bagi kita untuk mendengarkan Tuhan dan segala pertandaNYA. Sedangkan berdoa adalah cara kita sebagai manusia untuk meminta segala kemudahan padaNYA.

Bahwa dalam hidup kita yang serba cepat ini, semua orang kelelahan. Dan salah satu cara untuk lebih menikmati hidup ya dengan memelankan ritmenya melalui hening. Menikmati dengan sadar apa yang sedang kita lakukan sekarang :)

Membaca Sejenak Hening cukup membuat saya sejenak berhenti, senyum-senyum sendiri, terkadang menahan nafas, lalu berikutnya menarik dan menghembuskan nafas panjang dengan penuh kesadaran. Adjie cukup mampu mengingatkan saya kembali, bahwa kita sudah seringkali jauh luput, melewatkan hal-hal sederhana di sekitar kita, dalam keseharian, yang sebenarnya merupakan suatu keajaiban luar biasa bila kita mampu merenungi dengan lebih jeli dan mensyukurinya.

Ternyata, kebahagiaan ada di mana-mana, dan kapanpun juga. Asal kita mampu meluangkan waktu untuk memperlambat ritme hidup yang sudah seringkali terjebak, tenggelam dalam ketergesaan yang menelusupi hampir setiap sendi kehidupan.

Ternyata, bahagia cukup bisa diraih hanya dengan sejenak hening, berfokus pada nafas, dan sepenuhnya hadir di sini, saat ini - tak membiarkan pikiran berkelana ke masa lalu atau masa depan. Cukup di sini, saat ini.

Sebelum kita mengulas lebih lanjut mengenai buku ini, mari kita berkenalan dengan pengarangnya. Adjie Sanstosoputro, seseorang yang senang belajar, berlatih dan berbagi mengenai meditasi dan katanya dinamakan mediator. Berusaha untuk selalu berbagi tips-tips yang berkaitan dengan meditasi. Salah satunya mengenai hidup bahagia. Nah karena hal itu, membuatnya terkenal dengan sebutan “happiness strategist” yang lebih memilih membahas apa yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan dalam meningkatkan kebahagiaan.

Tahun 2010 menjadi corporate trainer hingga sekarang, serta membagikan beragam materi seputar meditasi dan happiness dalam bentuk pelatihan, seminar dan konsultasi bagi yang memerlukan untuk memberikan solusi mengenai cara mengurangi stress, menjadi lebih bahagia, cerdas emosi, focus konsentrasi, hidup sadar, serta lebih damai dan bahagia. Kini membuatnya menjadi founder dan CEO dari SukhaCitta. Perusahaan yang bergerak dalam bidak perencanaan, pelatihan, seminar dan konsultasi yang berkaitan dengan hidup bahagia. Dengan misi perusahaan adalah berbagi inspirasi kebahagiaan.

Setelah membaca profil pengarang, semakin meyakinkan kita bahwa buku ini bukan self motivating book, tapi self healing. Seperti seorang instruktur yoga namun dalam bentuk buku. Buku ini berusaha out of the box, betul-betul sebuah buku yang anti mainstream. Dilengkapi dengan gambar-gambar yang memudahkan kita berimajinasi, ada pula langkah-langkah dalam menemukan keheningan dan yang terakhir serta paling menarik yaitu testimony Tanya jawab kebahagiaan dari beberapa tokoh terkenal, seperti: Debora dewi, Indah ariani,Djaka susila, Ollie, Romy Rafael, Alya rohali, Rani badri kalianda, Denny santoso, dan Adez aulia.

Adjie Santosoputro menulis dengan bahasa yang tidak berat namun benar-benar mudah dimengerti. Buku ini mampu menunjukan bahwa bahagia itu sederhana, bahwa hidup tidak perlu dijalani tergesa-gesa. Dalam hening, kita mampu menemukan sebuah arti dari peristiwa yang sudah terjadi. Dalam hening, kita merasa bahagia. Menjalani setiap hari dalam hidup dengan sadar, sederhana, dan bahagia Setiap manusia pasti menginginkan kebahagiaan dalam hidupnya.

Untuk meraih kebahagiaan tidak perlu meraih harta duniawi terlebih dahulu. Bahagia itu juga tidak ditentukan oleh hal-hal yang di luar diri kita, bahagia itu begitu sederhana. Bahagia sejatinya ada dalam hati kita, hanya saja kita sebagai manusia kerap kali tidak menyadarinya. Karena itulah ada baiknya kita meluangkan waktu untuk sejenak hening atau hening sejenak agar kita bisa menemukan arti kebahagiaan yang hakiki. Sejenak hening akan membuat jiwa kita merasa lebih bersemangat dan bergairah menghadapi hidup dengan bahagia. Kita berpijak pada masa kini, saat ini, jadi bukan waktunya untuk termenung mengingat segala memori masa lalu, baik pahit maupun manis.

Bukan juga waktunya untuk ragu dengan ketakutan-ketakutan masa depan yang belum jelas di depan mata. Yang ada adalah hidup kita sekarang, yang harus disyukuri sepenuhnya. Dan kebahagiaan itu ada dalam hati kita sendiri, bukan terletak pada orang lain atau hal-hal di sekitar kita. Semakin penasaran bukan dengan layout dan penyajian isi buku ini,. Jangan risau, buku ini dapat di nikmati di layanan Koleksi Khusus kampus A,B,C loo!! Semakin mendekatkan ke pemustaka setianya bukan,.nah biar mudah no. panggil (class number) dari buku ini 153.8 San s.

Selamat membaca, selamat menemukan ketenangan dan keheningan,.hingga pada akhirnya menjadi pemenang!!.#elw

Hits 78