Pelatihan Pustakawan untuk Unggahan RAMA Repository

 82148027 1282618741907057 7773330587405778944 o

Hari Selasa, para pustakawan tampak berkumpul di Ruang Acarya 1 Perpustakaan Kampus B. Ya, para pustakawan tersebut hadir untuk mengikuti pelatihan bagaimana mengunggah file repository versi RAMA. Acara pelatihan dibuka oleh Kepala Perpustakaan, Prof. Dr. I Made Narsa, SE., M.Si., Ak., CA. Beliau menyampaikan bahwa inti dari pelatihan ini adalah penyesuaian format. Format file yang biasanya diunggah di website repository http://repository.unair.ac.id berbeda dengan format dalam RAMA repository. Oleh karena itu, diadakan penyegaran dalam bentuk pelatihan ini.

Ika Rudianto selaku koordinator TI menjadi narasumber dalam pelatihan ini yang dilaksanakan dalam dua sesi ini. Hadir pula koordinator pembinaan koleksi (binkol), Sugiati,  yang mana di bagian pembinaan koleksi inilah sivitas akademika menyerahkan karya ilmiahnya. Diawal pelatihan narasumber pelatihan memberikan penjelasan tentang RAMA dan ANJANI yang nantinya akan terintegrasi untuk meminimalisir plagiarism dan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah yang beretika dan berintegritas dari seluruh perguruan .  

Melalui pelatihan ini, disepakati beberapa hal terkait pengolahan file PDF karya ilmiah sivitas akademika UNAIR. Selain itu, dilakukan diskusi dan tanya jawab seputar pengolahan dan pengunggahan file kedalam website repository. Pelatihan ini dilakukan pada semua staf pustakawan karena yang melakukan unggah pada repository bukan hanya pustakawan yang bertugas di bagian pembinaan koleksi saja, namun pustakawan yang bertugas di luar bagian pembinaan koleksi pun turut membantu proses unggah di website repository. Hal ini karena jumlah karya ilmiah yang mencapai ribuan judul tidak sebanding dengan jumlah staf pustakawan yang bertugas di binkol.

 

Hits 103
 
 
 

semiloka.pua2020