Optimalkan Akses Digital Library Selama Penerapan Lockdown di UNAIR

WhatsApp Image 2020 03 17 at 12.14.45

Sehubungan dengan himbauan dari pimpinan untuk melakukan social distancing terkait dengan pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19), maka seluruh layanan Perpustakaan secara fisik tutup mulai tanggal 17 - 31 Maret 2020. Seluruh kegiatan dan layanan perpustakaan dihentikan, namun pekerjaan yang dapat dilakukan dari rumah tetap dilakukan seperti upload repository dan customer service melalui media sosial yang dimiliki Perpustakaan.  Bagi sivitas akademika UNAIR yang memiliki pinjaman koleksi buku yang jatuh tempo pada saat perpustakaan tutup, tidak perlu merasa kuatir akan denda. Karena selama Perpustakaan tutup, buku yang jatuh tempo di tanggal tersebut dihapuskan dendanya karena dianggap libur.

Sekaligus perpustakaan melakukan soft launching sistem perpanjangan online koleksi perpustakaan mulai hari ini melalui aplikasi yang dapat didownload oleh sivitas akademika UNAIR. Aplikasi perpanjangan yang diberi nama AILIS for Student (versi beta) ini dapat didownload dan diinstal pada android melalui link http://bit.ly/ailisstudent. Selain untuk memperpanjang buku secara online, melalui aplikasi ini dapat dilakukan pengecekan terhadap jumlah dan status koleksi yang dipinjam. Jadi tidak perlu datang ke perpustakaan atau bertanya melalui customer service, tapi sivitas dapat melakukannya secara mandiri dan hal tersebut diharapkan dapat meminimalisir jumlah mahasiswa yang harus membayar denda.

 Bagi yang sudah pernah meminjam via layanan swa pinjam dapat langsung login dengan akun cybercampusnya, namun bagi yang belum pernah menggunakan layanan swa pinjam harus melakukan sinkronisasi cybercampus dengan menekan tombol sinkronisasi. Setelahnya, sivitas akademika dapat login menggunakan akun cybercampus. Dalam aplikasi AILIS for Student, mempunyai fitur perpanjangan koleksi, histori perpanjangan, histori peminjaman, history pemesanan buku hingga usulan koleksi.

Akses eresource seperti ebook, ejournal dan disertasi yang dilanggan oleh UNAIR dapat dilakukan melalui aplikasi RemoteXS. Jadi selama perpustakaan menutup layanan secara fisik, sivitas akademika tetap dapat memenuhi kebutuhan informasinya melalui aplikasi-aplikasi yang mendukung digital library.

Terkait dengan tutup ini bagi sivitas akademika yang ingin bertanya lebih lanjut mengenai layanan perpustakaan dapat menghubungi customer service di nomor WA 082231517409, IG, Line@ dan Twitter @unairlibrary atau melalui akun FB UNAIR Library.

 

Hits 334