Manfaatkan Sumber Informasi Elektronik Gratis Selama #dirumahaja

8Tips A4Poster Mar2020

 

Perpanjangan masa karantina dilingkungan UNAIR berlanjut hingga 21 April 2020, termasuk Perpustakaan. Akses sumber-sumber informasi elektronik masih dapat dilakukan oleh sivitas akademika UNAIR selama berada di rumah, salah satunya dengan memanfaatkan Remotexs. Bagi sivitas yang belum mempunyai akun, dapat mendaftar melalui https://unair.remotexs.co/user/register dengan menggunakan akun email cybercampus. 

Sebagai bahan referensi mengenai Corona virus ini beberapa platform membuat database khusus tentang penelitian maupun sumber rujukan yang terkait dengan Covid-19. Diantaranya adalah Elsevier yang membuat Covid-19 Information Center dengan alamat https://www.elsevier.com/connect/coronavirus-information-center

Guna mempermudah sivitas dalam menjelajah fitur-fitur Springerlink, pihak penyedia membuat beberapa tutorial sbb :

1. Welcome to Springerlink
2. Searching & Browsing - Springerlink Tutorial
3. Journals - Springerlink Tutorial
4. eBooks - Springerlink Tutorial
5. Citations & Metrics - Springerlink Tutorial
6. Admin Dashboard - Springerlink Tutorial
Playlist tersebut dapat diakses di link sbb : https://www.youtube.com/playlist?list=PLnJNwQtn6ykZTf4HoIlhm9_Cq6n9rOvXa

Springer Nature juga tidak ketinggalan dengan memberikan daftar jurnal, artikel dan news terkait Corona virus yang sedang mewabah hampir di seluruh dunia saat ini. Daftar tersebut dapat diperoleh melalui link http://bit.ly/covid19-nature yang mana saat ini dibuat open access untuk memfasilitasi sivitas akademika yang sedang work from home dan study from home.

Bukan hanya databaseNature juga membuat eposter yang berisi tentang 8 tips on working from homeDiantaranya adalah :

1. Establish a routine

2. Stop working at a designated time

3. Computer setup

4. Batch your work

5. Drink enough water

6. Separate 'work' space from 'home" space

7. Invest in comfy office furniture

8. Build rapport with colleagues

Cambridge juga memberikan textbook secara gratis, yang terbatas hanya sampai Mei 2020. Daftar textbook yang dibagikan oleh Cambridge dapat dilihat melalui link http://bit.ly/list-textbook-cambridge. Informasi lebih lengkap dapat mengunjungi langsung website Cambridge dengan klik link berikut ini http://bit.ly/cambridge-free.

Sebagai sumber referensi untuk menyusun karya ilmiah, sivitas akademika dapat mengakses website http://repository.unair.ac.id/ namun hanya dapat mengakses abstrak saja. Sivitas dapat melakukan akses repository yang dihimpun oleh DIKTI dari Perguruan Tinggi (PT) seluruh Indonesia melalui link http://rama.ristekbrin.go.id/

 

 

 

Hits 262