Ramalan KartuTarrot

DSC 0157

Judul               : Born From a Wish

Pengarang       : Mertha Sanjaya

Penerbit           : Jakarta; Elex Media Komputindo, 2017

ISBN               : 9786020448008

Deskripsi fisik  : 264p.; paper book; 20cm.

Bahasa             : Indonesia

Genre              : Fiksi remaja

Resensor          : Yuliana Ariandini Ayuningtyas

Resensi:

Tim tidak tahu kalau ditinggal pergi Mama, perempuan yang paling disayanginya di dunia ini, akan membuat hidupnya sekarut-marutini. Ia frustrasi karena pencariannya tidak juga membuahkan hasil. Lalu kemunculan sosok ayah yang amat dibencinya, alih-alih mengobati kesepiannya, malah semakin membuat dunianya jempalitan. Ia tidak tahu apa yang harus dilakukan supaya hidupnya kembali normal. Setiap duka yang dijalaninya menyeretnya pada sosok gadis yang selalu membawa kartu tarot beserta ramalan sintingnya, sampai segurat senyuman di pipinya yang membuat Tim merasa tidak ingin kehilangan orang yang disayanginya untuk kedua kalinya.

"Persahabatan tidak ditentukan oleh gender apa pun. Persahabatan adalah saat kamu bisa menemukan begitu banyak kesamaan dalam diri orang lain, walaupun sebenarnya kalian adalah dua orang yang jauh berbeda." - hlm. 170

Yang Angela pikirkan sewaktu ibu menghubunginya dari kampung adalah mencari seseorang yang akan bisa menyelamatkan hidupnya, bisa membantu membiayai kuliah dan mencukupi kehidupannya, hingga ia bertemu dengan lelaki bule yang membuat hidupnya nyaris terselamatkan. Menurut ramalan kartu tarotnya, ia akan menemukan kebahagiaan. Ramalan itu bisa dipercaya, karena sekarang ia bisa bernapas dengan lega berkat kehadiran lelaki bule tersebut. Hanya saja, ia mulai menyadari bahwa apa yang dilakukannya tidak benar. Ia tidak mampu membohongi nuraninya sendiri. Kebahagiaan yang tengah dirasakannya berada di atas penderitaan orang lain.

"Dari perubahan itu, seseorang akan mengalami suatu transformasi dan keluar sebagai orang baru." –hlm. 240

Penulis yang memulai kariernya di tahun 2015, dengan karya “brink of sense”. Ingin menggambarkan arti sebuah keluarga, betapa pentingnya keluarga dalam kehidupan kita. Kita akan diajak untuk lebih menghargai orang yang disayanginya. Lebih memperhatikan sekitar kita, mulai dari hal kecil dan besar.

Cerita ini berawal dari Tim, yang sepulang kuliah tidak disambut mamanya seperti biasa. Memang, tidak setiap dia pulang kuliah disambut. Apalagi mengingat mamanya bekerja di hotel yang menggunakan shift. Tapi kenyataannya, mamanya tidak kembali, alias hilang. Bahkan dia sudah mencoba berbagai cara, mulai dari menyusuri pantai Sanur, sekitaran rumahnya, hingga melaporkan kehilangan pada pihak kepolisian. Tapi sampai saat ini, tidak ada hasilnya.

"Anak adalah wujud nyata dari diri seseorang, Kita ini lahir dari sebuah harapan. Maka dari itu, aku yakin Mr. Robert nggak mau kamu berubah jadi seperti dirinya. Dia pastii ngin memperbaiki segalanya dan menjadikan kamu seseorang yang layak dibanggakan." –hlm. 61

Kemudian dilanjutkan dengan pertemuan Tim dengan Angela, kakak tingkatnya di kampus, Mr. Nathan dosennya di kampus dan juga Robert, ayah yang sangat dibencinya, tentu saja menjadi sebuah pertanyaan besar bagi Tim. Apalagi setelah menemui ayahnya yang berkali-kali menguntitnya. Bahkan dia merasa, semua ini janggal. Belum lagi, saat Robert mengatakan bahwa dia tau di mana letak keberadaan Lilik, alias ibu Tim. Makin nggak sukalah Tim dengan ayahnya.

"You know, selalu ada hal baru untuk dicoba di dunia ini. Setelah sesuatu terjadi dan berakhir, pasti adahal baru yang telah menanti. Setelah melewati berbagai kejadian, seseorang akan berkembang dan menjadi lebih tahan banting dari sebelumnya. Itulah yang dinamakan transformasi." - hlm. 247

Semakin penasaran bukan dengan keseruan keluarga Tim, beserta kisah hidupnya. Kalian bisa menemukan koleksi ini di koleksi khusus dengan no. class KK 808.83 San b. Selamat membaca.

Hits 197