Halal Bihalal dan Rapat Koordinasi Perpustakaan Secara Virtual

berita halbil

 

Hari Rabu, 3 Juni 2020 seluruh pimpinan dan staf Perpustakaan bertemu untuk melakukan halal bihalal. Namun, pertemuan tersebut dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom. Tepatnya pukul 10.00 WIB, agenda halal bihalal dimulai dengan sambutan dari kepala perpustakaan, Prof. Dr. I Made Narsa, SE., M.Si., Ak.CA. Dilanjutkan dengan ucapan mohon maaf yang dimulai dari pimpinan dan bergantian hingga semua staf berkesempatan untuk memohon maaf lahir dan batin. Walaupun ada kendala beberapa staf tidak dapat berbicara karena kendala koneksi namun acara halal bihalal berjalan dengan lancar.

Selanjutnya, pertemuan dilanjutkan dnegan agenda rapat koordinasi membicarakan tentang segala yang perlu dilakukan untuk menghadapi era new normal.  Seperti yang kita tahu bahwa akhir-akhir ini banyak kabar tentang penerapan prosedur kesehatan yang ketat untuk menghadapi era new normal, dimana kita akan melakukan aktivitas sebagaimana biasanya namun dibarengi kedisiplinan yang tinggi untuk menghindari penyebaran virus. 

Apa saja yang perlu dipersiapkan perpustakaan untuk menghadapi era normal? Menurut Prof. Made Narsa, ada banyak hal yang mesti dipersiapkan oleh Perpustakaan, diantaranya adalah membuat tata tertib baru untuk pemustaka menyesuaikan dengan protokol kesehatan; menghitung kapasitas ruang-ruang untuk pemustaka yang masuk, di perpustakaan kampus A, B dan C harus dihitung berapa jumlah idealnya. Termasuk untuk Aula Parlinah yang biasanya dipinjam oleh mahasiswa untuk kegiatan. Jumlah mahasiswa yang boleh masuk hanya 50% dari kapasitas normal.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah mengurangi jumlah kursi dan sofa yang tersedia di dalam perpustakaan; memberikan batas antrian; mempersiapkan hand sanitizer dan cairan desinfektan; serta menyesuaikan layanan yang disajikan kepada pemustaka, selain memaksimalkan layanan online juga akan menerapkan layanan yang mempermudah pemustaka sehingga dapat mengurangi aktivitas di perpustakaan. 

Walaupun masih belum ada kepastian kapan era new normal akan diberlakukan namun akan segera dipersiapkan oleh Perpustakaan Unair. Persiapan tersebut akan dilakukan secara bergotong-royong oleh seluruh staf perpustakaan secara bergantian dengan tetap menerapkan social distancing. Selain perpustakaan yang mempersiapkan hal-hal untuk penerapan new normal, pemustaka yang akan berkunjung juga harus melakukan hal yang sama. Apa saja yang harus dipersiapkan oleh pemustaka untuk berkunjung ke perpustakaan ketika kami membuka layanan dalam era new normal? informasinya akan diposting di media sosial Perpustakaan yaitu Instagram, Line@ dan Twitter @unairlibrary, FB UNAIR Library dan website perpustakaan www.lib.unair.ac.id.

 

Hits 100