New Normal di Perpustakaan Unair

tatib sebelum masuk perpus berita

Istilah new normal banyak digunakan akhir-akhir ini, sebenarnya apa yang dimaksud dengan new normal?. Definisi new normal menurut pemerintah adalah tatanan baru untuk beradaptasi dengan C19. Kantor-kantor yang sebelumnya membatasi aktivitas di masa PSBB, mulai berbenah untuk aktif kembali dengan tatanan baru melalui hidup bersih dan sehat untuk menghindari penyebaran C19.

Perpustakaan menyesuaikan layanan dan fasilitas di peprustakaan A, B dan C sambil menunggu kebijakan pimpinan universitas mengenai kapan perpustakaan boleh menerima kunjungan mahasiswa. Mulai dari penyesuaian layanan perpustakaan yang berbasis online sejak awal pandemi, penghitungan jumlah kuota pengunjung yang boleh masuk yaitu 50% dari jumlah normal, pemberian tanda antrian, pengaturan sistem otomasi penghitungan kuota, menyediakan hand sanitizer, area cuci tangan dan lain sebagainya.

Publikasi juga dibuat untuk diposting di media sosial perpustakaan tentang apa saja yang harus dipersiapkan oleh pemustaka saat new normal mulai berlaku di perpustakaan. Sivitas akademika yang akan berkunjung ke perpustakaan harus mempersiapkan mematuhi prosedur yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, diukur suhu tubuh, menggunakan siku untuk membuka pintu, mematuhi aturan tantang kuota pemustaka yang boleh masuk dan wajib membawa KTM. Barang pribadi pemustaka yang wajib diawa adalah alat sholat, masker cadangan dan sarung tangan yang harus digunakan saat memanfaatkan komputer. 

Ketika didalam perpustakaan, pemustaka harus membawa barang yang diperbolehkan dibawa masuk dengan menggunakan tas perpustakaan yang akan digunakan untuk belajar di perpustakaan dan hendaknya tidak ada yang tertinggal. Karena jika pemustaka melewati pintu keluar KTM akan di scan oleh petugas dan mengurangi kuota. Untuk masuk kembali harus tetap mematuhi aturan tentang kuota, apabila kuota sudah habis untuk perpustakaan A (205 orang), B (447 orang), C (82 orang) maka pemustaka yang akan masuk harus menunggu pemustaka lain keluar. Sebelum pemustaka datang ke perpustakaan, dapat memantau berapa jumlah kuota yang tersisa melalui link bit.ly/kuotaPUA.

Satu hal lagi yang berbeda ketika new normal diberlakukan adalah perpustakaan menunda untuk menerima pemustaka dari luar Unair. Hanya sivitas akademika Unair saja yang dapat memanfaatkan layanan perpustakaan. Untuk mahasiswa luar Unair yang membutuhkan referensi berupa karya ilmiah dapat melakukan pemesanan di link bit.ly/RepoNonUnair

 

Hits 151