Webinar "Library Work In Progress"

foto webinar

Pandemi Covid 19 atau C19 banyak membawa perubahan pada sendi-sendi kehidupan berbagai lapisan masyarakat. Termasuk dalam dunia kepustakawanan dan perpustakaan, bagaimana kelanjutan dari layanan perpustakaan selama masa pandemi ini. Hal ini dibahas dan dikupas tuntas dalam kegiatan Webinar "Library Work In Progress" pada hari Selasa, 23 Juni 2020. 

Dalam webinar ini mengundang Bapak Ida Fajar Priyanto, MA., Ph.D dan Bapak Prof. Dr. I Made Narsa, SE., M.Si., Ak.CA sebagai narasumer webinar. Dengan diikuti oleh pustakawan, pegiatan literasi dan petugas perpustakaan dari seluruh wilayah Indonesia, webinar ini dilaksanakan mulai pukul 10.00 WIB. Sesi pertama diisi oleh Bapak Ida Fajar yang membawakan materi tentang Perpustakaan Dimasa Pascapandemi Covid19,memaparkan banyak hal terkait perubahan layanan di perpustakaan pascapandemik C19 yang harus menyesuaikan dengan keadaan dan harus dipastikan dalam layanan tidak membuat pustakawan atau pemustaka bertemu langsung dan bersentuhan. Tentunya dengan memastikan dengan benar alat pelindung diri dan koleksi yang telah dibaca. Fasilitas penunjang seperti individual seating yang tetap berjarak, signature yang diberikan penanda jarak serta menyediakan study pod dengan mengikuti prosedur kesehatan. 

Sesi kedua dilanjutkan dengan materi berjudul Rearranging Resources, Space, and Facilities yang disampaikan oleh Prof. Made Narsa. Beliau sebagai praktisi yang sudah beberapa tahun ini memimpin Perpustakaan Unair dan membawa banyak perubahan positif baik dari segi fisik dan layanan di perpustakaan. Prof. Made memaparkan pengembangan layanan yang dilakukan di Perpustakaan untuk tetap memberikan layanan yang maksimal kepada pemustaka, diantaranya sistem perpustakaan yang terintegrasi dengan cyber campus, perpanjangan online, upload karya akhir online hingga pelatihan secara online. Selain itu, pengaturan kapasitas kuota pengunjung di tiga lokasi perpustakaan dilakukan secara sistem. Sebelum pemberlakuan masa new normal perpustakaan dalam tahap proses rearranging atau menata ulang segala hal diperpustakaan. Mulai dari mempersiapkan APD, pengaturan jadwal piket dan prosentase staff yang WFO, mempersiapkan fasilitas protokol kesehatan dan lain sebagainya.

Dalam sesi tanya jawab, hanya menerima lima penanya karena keterbatasan waktu. Dan sesi tanya jawab ini dimanfaatkan secara maksimal oleh para peserta untuk konsultasi dengan para pakar dibidangnya. Bukan hanya mendapatkan solusi atas pertanyaan yang disampaikan, sebanyak 1 orang peserta dan tiga penanya mendapatkan hadiah door prize berupa pulsa sebesar Rp. 50.000.-. Rencananya webinar ini akan diadakan secara rutin satu bulan sekali, untuk mendapatkan informasi tentang webinar selanjutnya dapat diperoleh dari website dan media sosial perpustakaan 

Hits 62