Pengenalan Perpustakaan untuk Mahasiswa baru

WhatsApp Image 2020 09 09 at 13.23.18

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, perpustakaan mengadakan kegiatan untuk menyambut mahasiswa baru tahun 2020. Saat pandemi seperti ini, kegiatan yang dilakukan tentunya menyesuaikan dengan kondisi, yaitu secara online. Mengapa harus ada program pengenalan perpustakaan untuk mahasiswa baru?. Kadangkala pertanyaan semacam ini terlintas di benak mahasiswa baru. Peralihan dari sekolah menengah ke pendidikan tinggi memerlukan adaptasi mengenai proses belajar mengajar. Ditingkat pendidikan tinggi, mahasiswa dituntut untuk lebih mandiri dalam belajar. Membaca lebih banyak buku, jurnal dan sumber-sumber informasi lainnya yang disediakan secara gratis di perpustakaan.

Untuk semua mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana, diharapkan untuk mengikuti program pengenalan yang dikemas dalam Library101 yang diadakan selama September hingga Desember. Dalam pelaksanaannya, Library101 dilaksanakan di hari kerja Senin - Jumat dan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan pukul 09.00 - 10.00 WIB dan sesi kedua pukul 13.00 - 14.00 WIB.

Untuk dapat mengikuti kegiatan ini harus melakukan pendaftaran melalui link http://bit.ly/LIB101sesi1 untuk sesi pertama atau http://bit.ly/LIB101sesi2 untuk sesi kedua. Mahasiswa baru bebas memilih jadwal sesuai dengan waktu luang yang dimilikinya. Setelah melakukan pendaftaran, sehari sebelum pelaksanaan peserta akan dikirim email oleh panitia yang menginformasikan tentang link ZOOM dan peraturan selama webinar berlangsung.

Peserta webinar akan mendapatkan materi dasar tentang perpustakaan yaitu bagaimana cara akses ke perpustakaan, apa saja yang boleh dan tidak boleh dibawa masuk ke perpustakaan, bagaimana cara meminjam buku, jenis-jenis sumber informasi apa saja yang tersedia, fasilitas apa saja yang tersedia, hingga program kreatif apa saja yang bisa diikuti mahasiswa untuk menambah softskill.

Hits 475