Tutorial Membuat Boneka Dari Kaos Kaki Bekas

berita pengmas ular

Tim pengabdian masyarakat (pengmas) Perpustakaan Universitas Airlangga tetap melaksanakan kegiatan walaupun saat ini dalam kondisi pandemi Covid-19. Kegiatan pengmas dilaksanakan secara daring melalui Live di Facebook. Tema pengmas akan berbeda dalam setiap episodenya, namun tidak jauh-jauh dari kegiatan menanamkan literasi khususnya literasi sejak dini. Pada hari Rabu, 23 September 2020 tim pengmas yang terdiri dari dua orang yaitu Indah Fatma Silvi dan Dwi Marina melakukan kegiatan pengmas dengan memberikan tutorial membuat boneka dari kaos kaki bekas. Boneka dari kaos kaki bekas ini nantinya dapat digunakan sebagai media dalam bercerita kepada anak agar meningkatkan daya imajinasi anak.

Memanfaatkan bahan yang ada dirumah tanpa harus membeli namun bermanfaat sebagai media literasi adalah tujuan dari kegiatan ini. Pertama, yang perlu disiapkan adalah mencari bahan yang ada dirumah berupa kaos kaki yang sudah tidak digunakan namun masih layak, benang, jarum, dakron bekas isi bantal/guling namun jika tidak ada dakron bisa diganti dengan kapas, flanel/kain perca, lem tembak dan pensil.

Pertama kali adalah menentukan bentuk boneka apa yang akan dibuat, untuk pengmas kali ini akan membuat boneka pinguin dan ular. Boneka pinguin dibuat oleh Dwi Marina dan ular dibuat oleh Indah fatma Silvi. Secara detail, tim pengmas episode pertama ini menjelaskan cara membuatnya dengan runtut sehingga bisa diikuti oleh penonton melalui tayangan LIve FB.

 

 

 

Hits 212