Meningkatkan Literasi Masyarakat dengan Perpustakaan Sepeda

berita

Yunaz Karaman adalah salah satu alumni Universitas Airlangga yang peduli terhadap peningkatan literasi masyarakat. Selama aktif kuliah di Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Yunaz merasa terketuk hatinya melihat anak-anak yang berjualan koran di sekitaran kampus. Dimana mereka tidak mendapatkan haknya untuk mengenyam pendidikan sesuai usianya. Oleh karenanya dia berinisiatif untuk membawa koleksi buku-bukunya dengan sepedanya agar dapat dibaca oleh orang yang kebetulan ada di dekatnya. Perpustakaan sepeda yang dimiliki oleh Yunaz diberi nama Perpustakaan Prasojo.

Berawal dari hobinya membaca, Yunaz ingin agar orang lain juga mendapatkan kesempatan yang sama untuk bisa membaca buku. Dengan menggunakan sepeda lipatnya, dia berkeliling dari satu warkop ke warkop, taman ke taman, kampung ke kampung hingga dari kota ke kota. Sambil melakukan hobinya bersepeda, kemanapun tujuan bersepedanya dia pasti akan membawa serta koleksi bukunya. Buku yang dibawa juga beragam jenisnya, bahkan di hari Minggu ketika dia membuka lapak bukunya di taman yang ada di Surabaya, dia membawa buku yang lebih banyak ragamnya terutama buku untuk anak-anak.

Teman-teman kuliah juga menjadi pelanggan setia yang meminjam buku-buku koleksi Perpustakaan Prasojo milik Yunaz. Biasanya yang banyak dipinjam oleh teman kampusnya adalah novel dan majalah. Yunaz memiliki pengalaman yang berkesan dan diingatnya hingga saat ini. Ketika di membawa perpustakaan sepedanya ke warkop ada seorang bapak yang membawa satu buku koleksinya, yaitu buku tentang zaman prasejarah. Bapak tersebut sangat menikmati bukunya halaman demi halaman dan bahkan memfoto beberapa halaman buku tersebut. Buku tersebut dibaca dari pukul 23.00 hingga 03.00 WIB dan Yunaz tidak tega untuk memberitahu bapak tersebut jika dia akan pulang dan akhirnya menunggu bapak tersebut hingga selesai membaca.

Yunaz berpendapat bahwa minat baca masyarakat sudah bagus namun daya baca yang masih belum sehingga dibutuhkan orang-orang yang peduli pada daya baca masyarakat. Dengan langkah kecilnya yang membawa perpustakaan sepeda kemanapun dia pergi, dia berharap dapat membantu masyarakat sekitarnya

 

 

Hits 136