Membangun Optimisme Masyarakat Melalui Gerakan Literasi

WhatsApp Image 2020 10 14 at 09.38.21

Membangun budaya literasi memang tidak mudah, diperlukan upaya yang keras dan usaha pantang menyerah dari berbagai pihak. Untuk men-charge energi positif untuk berbagai kalangan maka diadakanlah webinar dengan topik "Membangun Optimisme Masyarakat melalui Gerakan Literasi" oleh Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Wilayah Kota Surabaya yang bekerjasama dengan Yayasan Iqro Semesta, Dedurian Park Perpustakaan Universitas Airlangga dan Badan Perpustakaan dan Kearsipan (Bapersip) Propinsi Jawa Timur.

Webinar ini diadakan pada hari Rabu, 14 Oktober 2020 melalui Zoom. Sebelum webinar berlangsung dilakukan sambutan oleh Kepala Bapersip Propinsi Jawa Timur dan Ketua FPPTI jawa Timur. Sebagai keynote speaker adalah Arumi Bachsin, Istri Wakil Gubernur Jawa Timur yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Jatim dan Bunda Baca Jatim.

Narasumber yang hadir adalah Yusron Aminulloh, Reni Astuti dan Bambang Prakoso yang dimoderatori oleh Suhernik. Materi pertama diberika oleh Yusron Aminulloh, beliau adalah Master Trainer MEP dan Tokoh Literasi Jawa Timur. Beliau menuturkan bahwa seorang pegiat literasi harus rajin membaca, jangan sampai dia meminta orang untuk membaca namun dirinya sendiri tidak suka membaca. Penggerak literasi harus banyak membaca, wajib membaca dan harus menjadi penulis. Karena millenial adalah harapan bangsa, mari bersama-sama iqro karena dengan membaca literasi menjadi kebutuhan untuk bisa menuju masyarakat yang berkualitas. 

Narasumber kedua adalah Reni Astuti, beliau adalah Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya yang membawakan materi dengan topik Pengata Surabaya Sebagai Kota Literasi. Literasi meliputi membaca dan menulis, finansial, literasi digital, numerasi, sains serta literasi budaya dan kewargaan. Kota Surabaya yang sudah mendeklarasikan sebagai kota literasi pada 2 Mei 2014 ini bersinergi dengan berbagai pihak untuk menyukseskan program. Diantaranya dari keluarga bekerjasama dengan bunda PAUD dan PKK; dari lingkungan dengan membangun taman baca diseluruh public area dan pelosok kota SUrabaya, pelatihan kreatifikas peningkatan ekonomi masyarakat melalui buku di perpustakaan. Selain itu, kerjasama dengan Dispendik dan Kemenag; serta menyediakan portal karya perpustakaan di laman tamankalimas.surabaya.go.id

Narasumber terakhir adalah Bambang Prakoso, beliau adalah Dosen UWKS, Ketua Yayasan Iqro Semesta dan Penggiat literasi. Dengan materi "Literasi sebagai Tulang Punggung Peradaban Nusantara, beliau memberikan gambaran-gambaran bagaimana para cendekia zaman kerajaan Sriwijaya abad ke-7 sudah sangat maju hingga sejak kedatangan kolonial ke nusantara pada abad 20 dan sejak itu pula Indonesia mengalami keterputusan deposit peradaban secara kolektif.

 

Hits 136