Stock Opname Koleksi Buku Perpustakaan UNAIR

berita stock

Kegiatan stock opname merupakan kegiatan yang rutin dilakukan di Perpustakaan Universitas Airlangga setiap tahun. Hal ini dilakukan untuk melakukan pengecekan ulang jumlah koleksi perpustakaan sehingga  dapat diketahui berapa jumlah riil aset bahan pustaka yang dimiliki.

Dimulai sejak 19 Oktober 2020, kegiatan stock opname dilakukan secara serentak di Perpustakaan kampus A, B dan C. Semua pustakawan dan petugas perpustakaan terlibat dalam kegiatan ini sehingga dibentuk menjadi 19 tim yang melakukan stock opname dan 6 editor. Tetap dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, pelaksanaan stock opname sampai sejauh ini dapat dilaksanakan dengan baik dan tanpa kendala yang besar.

Dari 19 tim yang telah dibentuk, setiap tim bekerja sesuai jadwal yang telah ditentukan. Jika tidak mendapatkan jadwal piket, maka tim melakukan pekerjaan kantor dirumah atau work from home (WFH). Bagian teknologi informasi (TI) telah mempersiapkan fitur untuk stock opname melalui aplikasi AILIS yang dikembangkan oleh Perpustakaan UNAIR dari INLISLite milik Perpusnas RI. Saat ini Perpustakaan unair tercatat memiliki koleksi buku sejumlah 88.061 judul 135.797 eksemplar.

 Melalui fitur stock opname dari AILIS masing-masing tim melakukan pengecekan dengan memanfaatkan teknologi RFID yang terpasang di buku dengan meletakkan di Circulation Assistant agar pekerjaan menjadi efisien. Petugas mencocokkan data yang ada di sistem dengan buku yang sedang di stock opname. Jika ada kesalahan ringan seperti ketidaksesuain nomor klasifikasi atau lokasi maka langsung dilakukan proses editing oleh tim. Begitu juga apabila buku masih belum terpasang RFID tag, maka langsung dipasang dan dilakukan encode tag agar buku siap dilayankan ketika proses stock opname selesai dilakukan.

Sedangkan tim editor bertugas untuk melakukan pembetulab data koleksi yang tidak sesuai; melakukan input data untuk koleksi yang belum terinput atau data masuk ke karantina; membuat dan mencetak label buku; membuat dan mencetak label barcode.

Hits 109