Ngobrol Cerdas "Nulis Yuk"

berita ngobras2

Program Ngobrol Cerdas atau Ngobras memasuki episode yang kedua, di bulan Desember ini Ngobras kembali hadir menyapa para Pustakawan Indonesia. Dengan mengusung topik "Nulis Yuk", panitia mengundang beberapa narasumber untuk sharing ilmu dan wawasan terkait dunia menulis. Diantaranya adalah bapak Lasa HS dari Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Melati Purba Bestari dari Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang, Prasetyo Adi Nugroho dari Perpustakaan Universitas Airlangga dan Agung Prasetyo Wibowo dari Perpustakaan Universitas Dinamika.

Sebagai keynote speaker adalah bapak Lasa HS, yang mana beliau sebagai pustakawan senior dan sudah malang melintang dalam dunia tulis menulis, bukan hanya terbatapada bidang kepustakawanan. Menurut Pak Lasa, profesi apapun harus mempunyai passion dan visi. Pengembangan profesi dapat dilakukan melalui menulis mengenai perkembangan bidang kita. Karena ada kewajiban bagi kita untuk mengembangkan keilmuan, salah satunya dengan menulis, dengan menjadi narasumber, tutor atau dosen. 

Untuk bisa menulis, harus meluangkan waktu dalam sehari walaupun hanya 30 menit. Kita harus mencari waktu yang benar-benar fit, dan tidak harus dirumah. Jika dilakukan secara ajeg, maka bisa menjadi jalan untuk bisa menghasilkan karya yang luar biasa. Jika ada ide apapun yang terlintas dalam pikiran kita, segara ditulis. Dan kita harus percaya diri dengan kemampuan kita. Jangan melihat orang lain dengan profesinya terlalu tinggi, kita harus push kelebihan yang kita miliki. Pesan yang disampaikan oleh Pak Lasa adalah "membacalah sebelum tidur dan menulislah sebelum mati"

Narasumber yang lain yaitu Melati Purba Bestari, Prasetyo Adi Nugroho dan Agung Prasetyo Wibowo juga memberikan sharing pengalaman tentang karya tulisan yang mereka hasilkan. Melati Purba Besari berbagi pengalaman ketika menulis karya buku yang sudah dihasilkan, juga mengenai pengalaman tentang ketrampilan menulisnya. Begitu juga dengan Prasetyo Adi Nugroho, dimana beliau berbagi pengalaman tentang menulis karya artikel ilmiah sehingga dapat publish di jurnal internasional yang terindeks Scopus. Dan Agung Prasetyo Wibowo juga membagikan pengalaman menulis buku mengenai Repository serta bagaimana dukungan dari keluarga, pimpinan hingga rekan kerja sangat berpengaruh pada semangat untuk menulis. 

Ngobras ini disiarkan langsung melalui FB UNAIR Library, dan bagi para pustakawan, pegiat literasi dan mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan yang belum berkesempatan untuk bergabung secara live atau ingin melihat siaran ulangnya dapat langsung cek di FB UNAIR Library.

Hits 70