Workshop Series Mengenal Platform Eresources yang Dilanggan UNAIR

WhatsApp Image 2020 12 10 at 08.11.02

Selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 10, 11 dan 14 Desember 2020, Perpustakaan Universitas Airlangga menyelenggarakan workshop Series. Workshop series dilaksanakan melalui aplikasi Zoom dan menghadirkan secara langsung para provider dari platform yang dilanggan. 

Acara dibuka oleh MC, yaitu Agung Budi Kristiawan dan juga sambutan oleh Kepala Perpustakaan Universitas Airlangga yaitu ibu Suhernik, S.Sos., M.Si. Dalam sambutannya ibu Suhernik berharap dengan mengikuti workshop series ini, pemanfaatan eresources yang dilanggan oleh UNAIR dapat berjalan dengan maksimal. Apalagi, Perpustakaan juga sudah melanggan RemoteXS agar sivitas akademika dapat tetap akses walaupun tidak sedang berada di lingkungan Universitas.

Pada hari Kamis, 10 Desember 2020 merupakan sesi untuk presentasi Osiris, Cambridge dan juga EBSCO. Sesi pertama presentasi dari I-Group mengenai bagaimana mengenal Osiris Database untuk kepentingan riset. Presentasi disampaikan oleh Alexandra Apit, dan materi mengenai Osiris ini sangat bermanfaat untuk sivitas akademika dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dalam memperoleh data dari perusahaan-perusahaan besar di dunia. Sesi kedua pada hari pertama adalah penyampaian materi dari CV. Sagung Seto untuk mempresentasikan bagaimana menemukan sumber informasi melalui Cambridge dan EBSCO.

Workshop hari kedua adalah mengenai sukses penelitian dengan menggunaka Sage Research Methods (SRM). Dimana melalui SRM ini sivitas akademika diharapkan lebih matang mempersiapkan penelitian yang akan dilakukan. Karena fitur Research Tools yaitu Methods Map, Reading List, Project Planner dan Which Stats Test.

Hari ketiga diisi mengenai platform Scopus dan ScienceDirect oleh Johan Jang dari Elsevier. Dimana saat ini platform indexing jurnal Scopus menjadi yang paling dicari oleh sivitas akademika. Begitu juga dengan pemanfaatan dari platform ScienceDirect yang mana UNAIR melanggan ejournal dengan paket yang paling lengkap sehingga harus benar-benar dimanfaatkan penggunaannya. Materi dilanjutkan oleh bapak Dwi Yanto dari PT. Jasaraya Tama JayaBuana yang mana memberikan informasi secara detail mengenai Proquest. Dan Sesi kedua di hari terakhir ini diisi oleh ibu Nely Arifyani dari Springer yang mempresentasikan mengani Springer Link, Jurnal Suggester dan mengenail jurnal berkualitas yaitu SpringerNature.

 

Hits 85