Membumikan Gerakan Literasi di Sekolah

resensi sukma5

            Membaca dalam ajaran Islam merupakan perintah Allah swt. Ayat per­tama yang diturunkan Allah swt. kepada Nabi Muhammad adalah perintah untuk membaca. Dalam surat Al ’Alaq perintah membaca dan menulis mempunyai mak­na bahwa dengan membaca manusia akan memperoleh ilmu pengetahuan. Dengan memiliki pengetahuan dan melek informasi manusia mampu menggenggam dunia. Seperti sebuah pepatah “Bacalah! maka dunia ada ditanganmu”. Perintah membaca pada surat Al ’Alaq ini bahkan diulang hingga dua kali. Hal ini mempunyai arti bahwa membaca adalah hal mutlak bagi manusia untuk mem­peroleh ilmu pengetahuan dan informasi.

            Perintah membaca ini seperti yang dikatakan oleh Yusron Aminulloh, master trainer MEP dan Penggerak Literasi Indonesia adalah bukan hanya Gerakan yang top down (yang berasal dari perintah atas dalam hal ini adalah Kemendikbud saja), akan tetapi memerlukan Gerakan dari bottom up juga. Yang oleh Satria Dharma, Dewan Pembina Ikatan Guru Indonesia (IGI) dipertegas bahwa Gerakan bottom up memerlukan bantuan seperti dari para ulama, kyai, da’i, dan guru-guru agama untuk ikut mengajak atau mempromosikan bahwa membaca itu merupakan kewajiban sebagaimana mereka mempromosikan atau mengajarkan bahwa jilbab merupakan kewajiban bagi setiap Muslimah.

            Buku ini merupakan antologi yaitu kumpulan dari karya-karya 30 penggerak literasi, guru, dan pustakawan yang tergerak untuk membangkitkan Gerakan literasi di nusantara. Disusun dengan sangat apik dan menarik yang dibagi berdasarkan tema-tema besar diantaranya yaitu: Bagian I Geliat Literasi di Sekolah yang terdiri dari 11 artikel, Bagian II Tantangan Membaca di Sekolah yang terdiri dari 4 artikel, Bagian III Peran Pendidikan dalam Gerakan Literasi yang terdiri dari 8 artikel, dan Bagian IV Pengajaran Membaca di Sekolah yang terdiri dari 8 artikel.

            Sudahkan kalian tertarik untuk membaca keseluruhan isi dari buku ini? Jika iya silahkan datang ke perpustakaan kampus B di bagian koleksi khusus 1 di lantai 2. Selamat membaca dan salam literasi!

 

 

 

Identitas Buku

Judul Buku     : Membumikan Gerakan Literasi di Sekolah

Penulis            : Amirul Ulum, dkk.

Penerbit         : Ladang Kata

Tebal Buku    : xx + 342 halaman

Nomor Klas    : 302.224 4 Mem 1

Lokasi             : Koleksi Khusus 1 Kampus B. Lantai 2

Resensor        : Sukma Kartikasari

Hits 80