Ngobras Best of The Best di Tahun 2020

foto mas guruh

Edisi spesial Ngobrol Cerdas atau Ngobras pada bulan Desember 2020 ini ada di minggu terakhir. Bagaimana tidak spesial, obrolan santai tentang dunia kepustakawanan ini mengundang dua orang pustakawan yang di tahun 2020 ini meraih penghargaan sebagai pustakawan terbaik. Ialah Guruh Haris Raputra dan Ani Sistarina, kedua pustakawan Perpustakaan Universitas Airlangga tersebut mendapatkan penghargaan dalam event yang berbeda. 

Ani Sistarina mengikuti event yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur untuk memilih Pustakawan Terbaik pada bulan Agustus 2020. Pelaksanaan acara pemilihan Pustakawan Terbaik ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat baik oleh panitia, dewan juri maupun oleh peserta. Ani, begitu biasa disapa mendapatkan Juara 2 setelah bersaing ketat dengan perwakilan pustakawan se-Jawa Timur. 

Sedangkan Guruh Haris Raputra mengikuti pemilihan Pustakawan Terbaik yang diadakan oleh Universitas Airlangga dalam event pemilihan Dosen dan Tendik Berprestasi tahun 2020. Penyerahan plakat penghargaan dilakukan pada 11 November 2020, yang bertepatan dengan Tasyakuran Dies Natalis Universitas Airlangga yang k-66. Penghargaan diberikan langsung oleh Sekretaris Universitas, Dr. Koko Srimulyo, Drs. M.Si yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Perpustakaan.

Menurut Guruh, menjadi Pustakawan Terbaik bukanlah tujuan, namun bagaimana kita memberikan yang terbaik bagi pemustaka, memperbanyak jejaring, serta memperbanyak saudara seluruh Indonesia. Karena sesungguhnya Pustakawan itu on the track menuju Surga asalkan kita berada di jalur yang benar. Karena apa yang dilakukan pustakawan adalah untuk membantu kebutuhan informasi pengguna. Pustakawan yang memiliki prinsip bahwa "musuh dalam berdebat adalah teman intektual" ini paling senang berdiskusi. Apapun pendapatnya jika disampaikan dalam ruang diskusi, Guruh mengaku sangat senang dan tetap menghargai walaupun berbeda pendapat.

Dalam akhir obrolan melalui aplikasi Zoom ini Ani mengungkapkan bahwa Pustakawan adalah tendik yang mendapatkan kesempatan banyak untuk belajar, jangan ragu untuk belajar dari siapapun dan semangat berkarya. Dan pustakawan adalah tendik yang mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk belajar, terutama di Unair ini, karena kesempatan yang diberikan oleh pimpinan untuk dikirim ke seminar, workshop dan kesempatan untuk pengembangan diri sangat besar. Menurut Guruh, mari membangun budaya organisasi kompetitif yang baik, menjadi manusia yang berdaulat dalam berpikir dan bertindak di era informasi seperti saat ini. 

 

 

Hits 139