Ngobras #5: Peduli Covid 19

narsumNgobras

Ngobras #5: Peduli Covid 19

Wabah Covid-19 yang sedang menyerang hampir seluruh wilayah di dunia menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat. Banyak dugaan terkait munculnya wabah ini, diantaranya konspirasi atau keinginan untuk menguasai dunia hingga virus yang tidak nyata keberadaannya. Sudah banyak korban yang meninggal dunia disebabkan virus ini. Untuk itu, Perpustakaan Universitas Airlangga ingin melakukan edukasi kepada masyarakat khususnya untuk sivitas akademika Universitas Airlangga dengan mengadakan program Ngobrol Cerdas atau biasa disebut Ngobral Peduli Covid.

Mengundang Dr. Achmad C. Romdhoni, dr. SpTHT-KL(K),FICS untuk menjadi pembicara dalam acara Ngobras#5 yang mana mengupas dengan jelas penyebab penyebaran, protocol, langkah preventif yang bisa dilakukan hingga terkait dengan vaksin. Selain menghadirkan Dr. Romdhoni, panitia juga mengundang beberapa staf perpustakaan yang menjadi penyintas Covid-19.

Menurut Dr. Romdhoni yang juga bertugas sebagai Satgas Covid-19 di Universitas Airlangga menjelaskan bahwa saat ini protocol kesehatan bukan lagi 3M namun ada tambahan dan menjadi 5M diantaranya memakai masker, mencuci tangan,menjaga jarak, menjauhi keramaian, dan meminimalkan keluar rumah.

Terkait penularan atau penyebaran Covid-19 saat ini yang paling banyak adalah dari makan bersama yang kondisinya melepas masker diikuti dengan ngobrol bersama. Kondisi ini didukung dengan masyarakat yang mulai abai dengan pembatasan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Informasi dari satgas bahwa peningkatan yang saat ini terjadi adalah dari runtutan pilkada, libur natal dan tahun baru yang mana banyak terjadi kerumunan dan pergi di hari libur. Kondisi Rumah Sakit saat ini yang menjadi rujukan Covid-19 penuh.

Bukan hanya mendapatkan wawasan terkait Covid-19 dari ahlinya yaitu Dr. Romdhoni, namun juga hadir rekan-rekan staf Perpustakaan yang menjadi penyintas berbagi pengalaman selama terpapar Covid-19. (Siti Muzaroh)

Hits 61