Belajar “Klinik Jurnal”

foto berita Riah

Kesempatan bagi para Pustakawan di lingkungan Universitas Airlangga untuk belajar mengenai Clinic Journal pada 9-10 Maret 2021. Mengundang narasumber salah satu Pustakawandari Universitas Sebelas Maret Solo yaitu Riah Wiratningsih, S.S., M.Si. Pelatihan dilakukan selama 2 (dua) hari agar para Pustakawan secara mendalam memahami dan mahir dalam bidang jurnal, publikasi ilmiah dan berbagai permasalahan di dalamnya seiring dengan perkembangan teknologi dibidang akademik sources.

Acara yang diikuti oleh 36 Pustakawan Perpustakaan Pusat dan Ruang Baca Fakultas, berusaha membedah hal-hal yang harus dipersiapkan secara rinci baik dari segi tulisan, ketepatan jurnal yang akan dituju, mencari informasi mengenai jurnal predator hingga terkait perangkingan jurnal. Layanan klinik jurnal dibutuhkan di lingkungan Perguruan Tinggi (PT) karena adanya kebijakan untuk submit pada jurnal bereputasi, baik jurnal nasional maupun jurnal internasional. 

Materi belajar Clinic Journal ini adalah mengenai bagaimana membuat tulisan ilmiah yang baik dan benar. Hal yang perlu disiapkan adalah terkait proses penulisan karya tulis ilmiah adalah menentukan topik yang menarik, kemudian mengumpulkan informasi untuk menuliskan latar belakang masalah serta mencari sumber referensi sebagai pendukung, selanjutnya adalah mensitasi sumber informasi yang dijadikan sumber referensi dan yang terakhir adalah mulai menuliskan artikel sesuai topik. Adanya acara ini diharapkan pustakawan memiliki kemampuan lebih dalam menelaah jurnal bereputasi untuk menjadi tujuan submit artikel yang telah dibuat oleh sivitas akademika.

Hits 90