Kanker Payudara : Penyembuhan dengan Herbal

Judul Buku: Kanker Payudara : Penyembuhan dengan Herbal; Penulis: Chris K.H. Teo, Irene E.A. Teo, Ch’ng Beng Im-Teo; No Klas: 616.994 49 Teo k; Lokasi: Fisip Corner; Peresensi: Dewi Puspitasari

Delapan pasien kanker payudara (Cindy, Julia, Guat, Fay, Sue, Yong, Lisa, dan Mary) yang bertahan hidup membagikan ceritanya. Mereka berbagi dari hati tentang apa yang mereka rasakan. Mereka berbicara sendiri tentang perjalanan penyembuhan mereka. Ada banyak hal yang dapat kita pelajari dari pengalaman mereka, yaitu jika kita mempunyai pikiran yang terbuka dan mau belajar. Delapan orang yang bertahan hidup ini merespon kanker dengan cara yang berbeda-beda. Sekali lagi memperlihatkan bahwa pasien adalah manusia, bukan mesin yang terbuat dari cetakan yang sama.

 

Dengan mengambil jalan penyembuhan yang membutuhkan sedikit keberanian untuk menjalaninya, mereka yang ditampilkan dalam buku ini tidak hanya mendapatkan kesembuhan fisik tetapi juga perkembangan spiritual dan emosional. Secara fisik kondisi mereka cukup baik, jika tidak lebih baik dari yang telah menjalani pengobatan medis. Secara spiritual, keberanian mereka berhadapan dengan kanker telah menghasilkan kebangkitan yang mempertajam rasa syukur dan penghargaan mereka terhadap apa yang diberikan kehidupan setiap harinya.

 

Menurut penulis, penderita kanker payudara tidak semua berhasil melalui pengobatan alternatif karena faktor kurangnya komitmen. Pasien yang bertahan hidup digambarkan dalam penelitian ini benar-benar berkomitmen untuk mencari dan mengikuti jalan penyembuhan. Penyembuhan kanker membutuhkan lebih dari sekedar minum ramuan herbal atau menelan pil. Namun memerlukan partisipasi dan komitmen yang sungguh-sungguh dari pihak pasien sebagai penyembuh, untuk melakukan apa yang dianggap benar dan membantu.

 

Dalam buku ini disebutkan, bahwa ada dua syarat penting yang dibutuhkan pasien dalam keberhasilan penyembuhan mereka, yaitu penguatan dan perubahan. Pasien kanker payudara yang bertahan hidup memiliki penguatan dalam diri mereka. Penguatan ini berguna untuk menghadapi hasil akhir seperti apapun. Hal yang kedua adalah perubahan, pasien kanker perlu tahu bahwa mereka tidak dapat meneruskan gaya hidup, kebiasaan, sikap, dan pola makan yang sama dengan sebelum terkena penyakit kanker. Buku ini dapat menjadi pegangan bagi penderita kanker atau orang yang sedang merawat penderita kanker, kerena mampu memberikan energy positif dalam melalui masa berat tersebut.

 

Penulis Chris Teo, Ph.D, seorang pensiunan Profesor Botani. Dia mengajar di University of Science Malaysia selama dua puluh enam tahun. Dia dan istrinya, Beng Im, sekarang menjadi praktisi herbal. Pada tahun 1995 mereka mendirikan CA Care untuk membantu pasien kanker yang kondisinya sudah parah. Beng Im, B,Sc. (Hons) adalah seorang pensiunan guru sains. Irene meraih gelar M.Sc. dalam bidang Health Psychology dan sekarang menyelesaikan Ph.D. dalam bidang Clinical Psychology

Hits 2269