Pustakawan Magang di Luar Negeri, siapa takut?

Rabu 21 Mei 2014, suasana di #FlashLounge siang itu cukup menyenangkan apalagi peserta yang mengikuti program #SharingSession yang memberikan motivasi untuk bisa mengembangkan pengetahuan dan pengalamannya hingga ke luar negeri. Chandra Pratama Setiawan atau yang akrab dipanggil Chandra ini memaparkan pengalamannya selama satu bulan di negeri singa dari bulan februari 2014 – Maret 2014 tepatnya di National University of Singapore Library atau yang lebih dikenal dengan NUS Library salah satu perguruan tinggi ternama di negara tersebut.

Sebelum mengungkapkan perjalanannya di negeri singa tersebut, Chandra memberikan kiat-kiatnya agar bisa magang disana. Terlebih dahulu koneksitas dibangun antara pihak manajemen UK Petra dengan NUS Library setelah itu menyiapkan kemampuan Bahasa Inggris dan dana yang cukup maklumlah negeri yang penuh dengan hal-hal modern ini terkenal sebagai kota penghidupan mahal. Pencarian untuk penginapan pun kemudian dilakukan dan langkah penghematan untuk konsumsi pun harus dicanangkan agar dan tidak terkuras di sana. Sebaiknya juga perlu membawa barang bawaan yang penting misal obat-obatan dari Indonesia sehingga tidak susah saat tinggal.

Setelah menceritakan triknya saat berada di Singapura, Chandra pun menuturkan bagaimana kondisi NUS Library. Ditengah gencarnya perkembangan teknologi informasi bahkan kemudahan kita mencari informasi melalui internet, perpustakaan disana pun mengikutinya sehingga kebutuhan pelanggan yakni sivitas akademika pun dipenuhi. Bayangkan, koleksi yang mereka miliki 1,8 juta judul buku dan 1,3 juta judul buku elektronik dan ruangan” yang cukup nyaman untuk dikunjungi. Mereka pun menyediakan ruangan 24 jam bahkan seluruh ruangan berkarpet sehingga tetap hening dan tidak mengganggu. NUS Library pun menyediakan ruangan untuk mengobrol atau bertelepon di bagian khusus yakni Chit Chat Room. NUS Library sendiri terdiri dari beberapa perpustakaan pusat dan cabang, diantaranya :

1. Central Library
2. Chinese Library (yang berada satu gedung dengan central library)
3. C J Koh Law Library (yang berada di kampus Bukit Timah)
4. Hon Sui Sen Memorial Library (berada di kampus Kent Ridge)
5. Medical Library (berada di kampus Kent Ridge)
6. Music Library (berada di kampus Kent Ridge)
7. Science Library (berada di kampus Kent Ridge)

Ingin seperti rekan kita Chandra? Persiapkan dengan baik diri anda mulai sekarang!

Hits 1933