agustusan8Semangat kebangsaan selalu meningkat dalam acara-acara menyambut HUT RI ke-69. Misalnya, yang ditunjukkan Pegawai Perpustakaan Universitas Airlangga, kemarin Jumat (15/8). Para pegawai pustakawan dan non pustakawan berjumlah kurang lebih 70 orang itu mengenakan busana dan aksesori khas pejuang kemerdekaan. Dimulai dengan berkeliling mengitari fakultas sekitar Perpustakaan Kampus B, sepanjang jalan mereka menyanyikan lagu-lagu perjuangan sambil mengibarkan bendera Merah Putih. Tak ingin meninggalkan kesan khidmat, sejenak bersama mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa dan perjuangan para pahlawan negeri ini.

Kekompakan dan kehebohan mulai tampak ketika panitia memberi pengarahan dari tiap lomba dan membagi peserta secara kelompok (tim). Aturannya tiap tim yang berjumlah 12 orang ini harus mengikuti ketiga jenis lomba, menelusur E-Journal, mencari buku melalui katalog hingga rak buku ruangan koleksi, dan juga benang kompak. Mekanisme lomba penelusuran e-journal dan buku dilakukan dalam 1 (satu) waktu berdurasi 15 menit. Peserta diberi beberapa soal dan harus menyelesaikannya dengan memperhitungkan jumlah, kecepatan dan ketepatan hasil penelusuran. Semakin banyak, cepat, dan tepat hasil penelusurannya, dialah pemenangnya. Berpedoman ilmu yang telah didapat dari aktifnya mengikuti pelatihan penelusuran jurnal, membuat mereka makin bersemangat.

Tak sampai disitu, semangat kebersamaan tampak ketika peserta mengikuti lomba Benang Kompak. Lomba yang menguji konsentrasi dan kekuatan teamwork ini diikuti seluruh peserta tiap tim. Masing-masing peserta memegang ujung tali dimana ujung tali berlawanan dilekatkan erat pada 1 (satu) buah bolpoint. Untuk menjadi pemenang, bolpoint tersebut harus dimasukkan kedalam botol plastik tanpa membuatnya jatuh. Tak perlu banyak komando, hanya mendengarkan satu suara untuk menjaga yang lain tetap konsentrasi.

Acara yang dimulai pukul 06.30 - 09.00 WIB diakhiri dengan pengumuman juara lomba I, II, dan III dari masing-masing lomba, pembagian doorprize untuk seluruh pegawai, sarapan pagi nasi urap-urap, dan yang paling seru foto bersama. Tak luput, panitia juga menyediakan 2 hadiah untuk 2 pemenang (pria dan wanita) kategori dresscode terheboh. Selamat untuk Ibu Elok Setyorini (Referensi Kampus B) dan Bpk. Djoko Subagyo (Ruang Baca Kampus B) dan para pemenang lomba. Harapan diadakan acara ini selain meningkatkan rasa nasionalisme, juga semakin terjalinnya kebersamaan antar pegawai. Semoga tahun depan semakin meriah. Merdeka!!

Hits 1756