Mahasiswa FPK-UA 2014 Kunjungi Perpustakaan

Sembilan puluh enam orang Mahasiswa Baru dari Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Airlangga dengan bersemangat datang berkunjung ke Perpustakaan Universitas Airlangga (PUA) Kampus C yang beralamat di Jalan Mulyorejo, Surabaya pada hari Senin, 1 September 2014 mulai pukul 13.00 WIB dalam rangka Library Tour (Hari Pertama).

Rombongan yang didampingi oleh dua orang Dosen dan dua orang Staf FPK Universitas Airlangga ini diterima langsung oleh Koordinator Pelayanan PUA Kampus C, Ibu Hoeroestijati. Setelah mendapatkan pengantar tentang Perpustakaan Universitas Airlangga oleh Bu Hoeroes, sebelum berkeliling ruangan, rombongan dibagi menjadi tiga kelompok yang secara terpisah dipandu oleh tiga orang Pustakawan PUA (Dwi Prihastuti, Dian Anesti, dan Noviyanti Wulandari) untuk selanjutnya menjelajah area fasilitas dan layanan di Perpustakaan.

Rute Library Tour diawali dengan pemberian informasi tentang kemudahan cara masuk dan kemudahan meminjam buku yang hanya dengan menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) atau KTM Sementara bagi Mahasiswa Baru, kemudian berlanjut ke pengenalan media komputer penelusuran buku yang dinamai Online Public Access Catalogue (OPAC), mengenal Ruang Koleksi Referensi, Koleksi Buku Umum, Koleksi Khusus, Koleksi Jurnal dan Majalah, Warung Perancis, serta Koleksi Satria Airlangga. Juga dikenalkan pula tentang fasilitas komputer untuk penelusuran artikel jurnal dan karya ilmiah secara online di Ruang E-Library.

Anita Erna Faricha, Staf Ruang Baca FPK yang turut serta mendampingi rombongan tersebut, menuturkan bahwa dengan mengenal dan memanfaatkan Perpustakaan Universitas Airlangga akan sangat banyak manfaatnya bagi mahasiswa, karena akan melengkapi kebutuhan fasilitas, koleksi, referensi, serta beragam informasi yang tidak tersedia di Ruang Baca Fakultas.

Library Tour yang berdurasi satu jam ini dirasakan telah menambah wawasan khususnya bagi mahasiswa baru. “Jadi tahu lokasi dan sistem Perpustakaan Perguruan Tinggi” kata M. Anjas, “Fasilitas WiFi-nya ditambah dong biar aksesnya cepat” lanjut Prita dan Tyas Mahasiswa FKP Angkatan 2014 lainnya.

Kegiatan library Tour Mahasiswa Baru Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga Angkatan 2014 ini masih berlanjut dan dijadwalkan akan berlangsung hingga hari Rabu (3/9) dengan mahasiswa dan kelas yang berbeda. (fiq)

Hits 2284