Destinasi Banda Neira : Brand Pariwisata Indonesia Timur

Pengarang        : Prof. Dr. H. M. Burhan Bungin, S.Sos. M.Si.

Penerbit           : Prenada Media Group

Tahun               : 2010

Tebal                : 245 halaman

Lokasi              : KK-1 Kampus B

Call Number     : 910.959 85

Resensor          : Dewi Puspitasari

Kepulauan Banda, tidak terlalu dikenal dalam geopolitik kontemporer. Kepualauan ini memainkan peran outsized pada periode awal ekspansi Eropa dan perdagangan rempah-rempah. Sebagai satu-satunya sumber dunia pala dan fuli, sebelas pulau-pulau kecil,yang terletak di Provinsi Maluku, Indonesia Timur, adalah kunci menuju kekayaan besar bagi siapa saja yang mampu mengendalikan hasil bumi tersebut.

Banda Neira amat terkenal di dunia pengelana karena menyimpan sejuta kekayaan sejarah. Kekayaan pariwisata, dan kearifan lokal yang tiada tara. Orang Banda (Bandanese) dengan kearifan lokalnya, merupakan subkultural masyarakat Maluku yang unik dan dinamis. Hal tersebut menjadi bagian yang unik dan dinamis sehingga menjadi bagian dari kultur Melayu yang luas dan Melayu Ambon yang khas. Banda Neira dari masa ke masa telah mentorehkan sejarah yang panjang. Masyarakat Banda Neira bukan bangsa pendiam, bukan masyarakat penurut tetapi mereka kaum bermartabat yang belum tersentuh modernisasi.

Kekayaan hutan pala dan pariwisata serta kekayaan laut yang dimiliki oleh Banda Neira cukup berlimpah. Kekayaan tersebut cukup mengangkat harkat dan martabat serta kesejahteraan Orang Banda, namun sebaliknya hal tersebut menjadi alat untuk menguasai Orang Banda.

Buku ini mencoba mengangkat semua hal mengenai Banda Neira. Tujuan ditulisnya buku ini adalah untuk menyadarkan semua orang yang tahu atau pernah datang di Banda. Bahwa Banda Neira sangat berharga, bernilai, dan memiliki kekayaan untuk masa sekarang ini bagi bangsa Indonesia.

Penulis buku ini adalah seorang guru besar dalam bidang Ilmu Sosiologi Komunikasi pada FISIP Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Sejak mahasiswa penulis merupakan aktivitas di berbagai lembaga kemahasiswaan serta aktif dan produktif sebagai penulis media massa baik berupa majalah dan jurnal. Penulis banyak mengarang buku-buku best seller seperti Dimensi Metodologi dalam Penelitian Sosial, penerbit Usaha Nasional Surabaya (1992), Analisis Data Penelitian Kuantitatif, Penerbit Rajawali Press, Jakarta (2003) dan masih banyak lagi.

Buku ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, khususnya yang berkaitan dengan pariwisata Banda Neira. Hasil dari penelitian ini memberikan rekomendasi model-model yang terpadu untuk pengembangan pariwisata Banda Neira. Buku ini dapat menjadi bahan bacaan yang pas bagi setiap orang yang ingin mengembangkan ilmu pariwisata. Buku ini juga tepat sebagai role model bagi orang yang tertarik melakukan penelitian di bidang ilmu sosial.

Hits 3328