Tim Perpustakaan Unair Sumbang Buku ke SDN 2 Ngantru, Malang

DSCN8100.1    DSCN8130.2

   Dalam Rangka DIES NATALIS UNAIR yang ke 60, Sabtu 8 November 2014 Universitas Airlangga mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat. Kegiatan ini berupa program Bakti Sosial yang dipusatkan di Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Kegiatan Bakti Sosial yang diadakan oleh Universitas Airlangga Cukup banyak dan menarik, diantaranya dari Fakultas Kedokteran memberikan pelayanan kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Penyuluhan mengenai GIZI, Fakultas Kedokteran Gigi pelayanan kesehatan gigi dan masih banyak lagi fakultas yang lain.

     Sedangkan perpustakaan memberikan bantuan berupa sumbangan buku ke SDN 2 Ngantru, Kecamatan Ngantang. Tim dari Perpustakaan Unair tidak hanya memberikan buku-buku, melainkan juga memberikan story telling. Kedatangan kami disambut antusias oleh anak-anak SDN 2 Ngantru. Ketika kami mulai melakukan story telling, mereka siap dan menyimak cerita pendek yang kami sampaikan. Di akhir cerita pustakawan juga memberi hadiah bagi yang bisa menjawab pertanyaan dari kami. Kami punya 15 hadiah untuk anak-anak tapi mereka semua inigin mendapatkan hadiah. Sangat di sayangkan sebenarnya karena antusias mereka untuk menjawab adalah selain untuk mendapatkan hadiah mereka juga ingin mendapatkan buku itu sebagai koleksi bahan bacaan di rumah.

     Yang jadi cukup menarik adalah minat baca mereka sebenarnya cukup baik, namun tidak ada fasilitas yang mendukung untuk mereka. Anak-anak rata-rata jarang ke perpustakaan karena koleksi yang ada di perpustakaan hanya bisa dibaca di tempat dan kebanyakan berupa koleksi buku paket. Karena keterbatasan tenaga, Perpustakaan SDN 2 Ngantru dalam mengelola perpustakaan hanya mengandalkan guru sebagai tenaga pustakawan.

Ditulis oleh : Indah Fatma Silvi

Hits 1838