Komunikasi Politik DPD

Judul Buku : Dari Representasi Simbolik Menuju Representasi Substantif: Potret Representasi Konstituensi dan Komunikasi Politik Anggota Dewan Perwakilan Daerah; Penulis : Abdul Rozaki, Sunaji Zamroni, Titok Hariyanto, M. Zainal Anwar; Penerbit : Institute for Research and Empowerment (IRE), 2014; Peresensi : Andriyanti

Buku yang terdiri dari 7 bab, Memberikan wacana pentingnya representasi substantif dimana rakyat memilih wakilnya berdasarkan kesamaan ideologi maupun program yang diusung bakal wakil rakyat. Sebagai pemilik mandat atau kuasa representasi, banyak wakil rakyat diberi mandat untuk mewakili justru menyalahgunakan mandat tersebut.

Sejak kelahiran DPD (Dewan Perwakilan Daerah) sepuluh tahun silam, peran DPD dalam memperjuangkan aspirasi warga di daerah belum banyak dicatat oleh publik. Kinerja anggota DPD juga belum banyak meninggalkan arti penting bagi perubahan yang lebih menjanjikan warga daerah. Meski para anggota DPD telah bekerja menjalankan fungsi yang dimandatkan kepadanya, namun warga tak merasakan jejak keterwakilan anggota DPD. Bahkan banyak warga yang tidak mengenal lembaga ini.

Buku ini memberikan uraian tentang lembaga perwakilan melalui perspektif representasi-konstituensi. Serta mengajak pembaca mengenali problem dalam praktik representasi yang dihadapi konstituen dan wakilnya, membaca peluang dan tantangan, serta secara bersama-sama menemukan rute bagi penguatan lembaga perwakilan melalui peningkatan kualitas representasi.

Buku ini sangat bermanfaat bagi para pengambil kebijakan dan masyarakat luas untuk mengkaji ulang pentingnya representasi substantif untuk meningkatkan kehidupan demokrasi di Indonesia. Koleksi buku ini berada di Koleksi Khusus Perpustakaan Unair Kampus B dengan nomor klas 324.63 DAR 1.

Hits 1840