Merry Riana

download

Nama yang berantikan ada kebahagiaan yang berganda, karena Merry pemberian dari seorang Pastor sedangkan Ria nama dari pemberian sang ayah. Merry Riana, dilahirkan dari keluarga bahagia, punya ayah seorang insinyur yang bekerja di perusahaan asing yakni Prancis dan seorang ibu yang konsen di kerumahtanggaan. Ayah berasal dari Cirebon dan ibu dari Bogor. Merry semasa kecil begitu bahagia hidup dengan harta yang cukup, bias dilihat dari mobil ayah yang dipunyai, namun suatu saat, sang ayah harus keluar dari perusahaan karena kondisi kerja yang membuatnya sangat tidak nyaman. Akhirnya sang ayah pun keluar dari tempatnya bekerja dan memulai usaha dari nol.

Ibu sebagai menteri keuangan pun musti memutar otak agar segala kebutuhan pun tercukupi. Merry yang mendapatkan semuanya dengan cukup, juga musti berhemat. Universitas Trisakti adalah cita-citanya. Disana dia akan masuk jurusan teknik dan membantu usaha sang ayah. Namun waktu berkata lain. Kerusuhan 1998 membuat Merry musti hengkang dari Jakarta dan bersekolah di NTU Singapura. Bersekolah disana pun dengan menggunakan dana pinjaman pemerintah Singapura. Semasa sekolah SMA dulu, NTU pernah juga berpromosi di sekolahnya dan sang ayah sempat membaca dan mengetahui jenis pembiayaan tersebut. Setelah semuanya siap, Merry pun berangkat ke Singapura dengan satu asa yakni membahagiakan kedua orang tuanya.

Terbatasnya kemampuan orang tua saat itu, membuat Merry berhemat banget, dari setiap hari memakan mie instan, hingga roti yang juga bias dimakannya berhari-hari. Merry pun membawa sekardus mie dari Jakarta disertai gula, susu, teh, dan segala kebutuhan lainnya, sehingga tak perlu membelinya lagi di Singapura. Komputer PC pun rela dibawanya dari Jakarta. Perjuangan Merry tak cukup sampai disana, untuk menghemat uang, dia pun mulai rela mencari pekerjaan sebagai pembagi brosur, buket bunga, bahkan sampe terjebak pada mekanisme MLM.

Doa, cinta serta usaha, digambarkan tokoh wanita yang mampu meraup kebebasan keuangan ini di usia yang cukup muda yakni 26 tahun dengan gigihnya tanpa mengenal lelah. Kunci utama juga yang dibagikannya adalah disiplin, mesti itu melawan diri sendiri. Bagaimana kisah perjuangan dia mendapatkan kebebasan finansial itu? Anda bisa membacanya di Perpustakaan UNAIR di bagian Referensi Kampus B rak Biografi.

Hits 2163