Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya

campusSelasa, 3 Maret 2015 bertempat di Flash Lounge lantai 1 Perpustakaan Pusat kampus B Unair tampak ada sedikit suasana yang berbeda dari biasanya. Kedatangan adik-adik dari TK Islam Nabawi dan TK Varuna pagi hari itu merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Perpustakaan Unair selama bulan Februari. Kedua TK tersebut diundang oleh Perpustakaan Unair untuk melakukan kegiatan Campus Travelling ke kampus A dan kampus C Unair.

Acara yang dipandu oleh beberapa staf dari Perpustakaan Unair ini dibuka dengan kata sambutan yang diberikan oleh Ibu Kepala Perpustakaan Unair, Prof. Dr. Mangestuti Agil, Apt., MS. Kemudian dilanjutkan dengan acara kuis yang dibawakan oleh tim pemandu dari Perpustakaan Unair sambil menunggu kedatangan bus kampus / flash yang akan membawa adik-adik dari kedua TK tersebut untuk berkeliling. Adik-adik dari kedua TK tersebut terlihat sangat antusias bahkan saling berebut untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh tim pemandu, karena bagi siapa yang berhasil menjawab pertanyaan kuis akan mendapat hadiah buku cerita dari Perpustakaan Unair.

Pukul 09.00 WIB adik-adik dari TK Islam Nabawi dan TK Varuna mulai memasuki bus dan berangkat menuju gedung rektorat kampus C Unair. Sesampainya di sana mereka disambut oleh beberapa staf dari bagian Humas Unair dan juga SAGA (Satria Airlangga) simbol dari Universitas Airlangga yang dilambangkan seekor burung. Para staf dari bagian Humas tersebut kemudian memberi dan memasangkan pin kepada adik-adik dari TK Islam Nabawi dan TK Varuna. Setelah acara sambutan dan foto-foto bersama di Aula Garuda Mukti lantai 5 gedung rektorat, adik-adik dari kedua TK tersebut berpamitan dan melanjutkan perjalanan berkeliling di sekitar danau buatan di depan gedung rektorat kampus C Unair. Setelah itu mereka menaiki bus untuk berangkat lagi menuju RS Hewan di Fakultas Kedokteran Hewan Unair. Sesampainya di RS Hewan Unair mereka disambut dan dibimbing oleh kakak-kakak yang sedang melakukan praktek disana. Kemudian adik-adik dari TK Islam Nabawi dan TK Varuna dibagi-bagi menjadi beberapa bagian untuk selanjutnya diantar ke ruangan-ruangan dimana terdapat beberapa hewan yang saat itu tengah dirawat. Disana mereka diajarkan dan diperkenalkan bagaimana cara merawat atau menjaga hewan peliharaan dengan baik. Banyak adik-adik dari kedua TK tersebut yang terlihat sangat antusias dengan hewan-hewan yang sedang dirawat disana, namun ada pula beberapa yang terlihat masih takut dan enggan untuk mendekat.

Perjalanan dari FKH kemudian dilanjutkan kembali menuju kampus A Unair. Sesampainya di Fakultas Kedokteran Unair mereka disambut oleh beberapa mahasiswa dari FK, selanjutnya kakak-kakak perwakilan dari mahasiswa FK tersebut mengajak adik-adik berkeliling di sekitar FK dan FKG sambil memperkenalkan kepada mereka mengenai dunia kedokteran.

Akhir dari perjalanan pada hari itu adalah mereka kembali menuju kampus B. Meskipun hari itu menjadi hari yang sedikit melelahkan bagi mereka, namun mereka mengakui bahwa mereka sangat senang dan menikmati dengan acara Campus Travelling ini. (Oleh Sukma Kartikasari)

Hits 1609