Partisipasi dalam 16th AUNILO Meeting

berita

Wilayah Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN, juga memiliki wadah untuk perpustakaan yang berada dalam wilayah negara tersebut yang disebut dengan Libraries of Asean University Network (AUNILO). AUNILO mempunyai agenda rutin untuk mengadakan pertemuan setiap satu tahun sekali. Setelah sempat vakum selama satu tahun akibat pandemi Covid-19 pada tahun 2020, kegiatan rutin yang diadakan setiap satu tahun sekali kembali diadakan pada tahun 2021 ini. Tahun 2021 ini yang menjadi tuan rumah pertemuan perpustakaan yang menjadi anggota AUNILO adalah negara Filipina. Karena kondisi masih pandemi sehingga tidak memungkinkan pertemuan langsung, maka sebagai alternatif pertemuan dilakukan secara daring melalui Zoom. 16th AUNILO Meeting and Capability Training yang diadakan pada 12 - 14 Juli 2021 ini konsentrasi pada topik Quality Assurance in ASEAN Libraries.

Dari negara Indonesia yang menjadi anggota AUNILO ada empat perpustakaan yaitu Universitas Airlangga; Universitas Indonesia; Universitas Gadjah Mada; Institut Teknologi Bandung.  Hari pertama meeting adalah upacara pembukaan oleh Fr. Robert C. Yap,SJ, President of the Ateneo de Manila University dan dilanjutkan dengan keynote address dari Hon. Lourdes T. David dengan topik Quality Assurance in ASEAN Libraries: The Role of Library Schools and Continuing Professional Education. Hari pertama diakhiri dengan laporan dari masing-masing negara. Indonesia diwakili oleh Dr. Ir. Yuli S. Indartono selaku Kepala Perpustakaan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Hari kedua dilanjutkan dengan Capability Training dan acara ini dapat diikuti oleh publik hingga jumlah peserta yang mengikuti acara ini kurang lebih 600 orang. Hingga hari ketiga adalah business meeting yang hanya dapat diikuti oleh pengurus dan kepala perpustakaan.

Hits 206