Bimbingan Teknis Perpustakaan untuk Dosen Magang Kemenristek Dikti

berita

Walaupun dalam masa PPKM dan seluruh staf diharuskan untuk bekerja dari rumah, namun tidak membuat kegiatan dan layanan untuk pemustaka menjadi terhambat. Pada hari Jumat, 6 Agustus 2021 Perpustakaan Universitas Airlangga memberikan bimbingan teknis (bimtek) secara online kepada 25 orang Dosen magang Kemenristek Dikti di Universitas Airlangga. Acara ini dilaksanakam atas undangan dari Direktorat Inovasi dan Pengembangan Pendidikan (DIPP) Universitas Airlangga mulai pukul 13.00 – 16.00 WIB.

Materi pertama yang disampaikan adalah mengenai manajemen pengelolaan perpustakaan yang disampaikan oleh Kepala Perpustakaan Unair, ibu Suhernik, S.Sos., M.Si. Ibu Suhernik menceritakan bagaimana pengelolaan yang dilakukan di Perpustakaan Universitas Airlangga. Dalam acara ini terdapat lima orang dosen ilmu perpustakaan. Salah satunya adalah bapak Iskandar,S.Sos.,MA,  beliau adalah dosen Ilmu Perpustakaan yang juga menjabat sebagai Kepala UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Mataram. Dalam pemberian materi tersebut juga menjadi ajang sharing bagaimana tanggungjawab beliau dalam mengelola perpustakaan yang dipimpinnya.

Materi kedua dilanjutkan dengan bimtek akses ejournal di Perpustakaan Universitas Airlangga yang disampaikan oleh Pustakawan Unair, Indah Rachma Cahyani, S.IIP.,M.A. Dikemas dalam Online Research Management (ORM), Indah sharing mengenai bagaimana mengakses ejournal yang dilanggan dari berbagai platform tersebut. Para peserta bimtek yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia ini sangat antusias dengan materi yang disampaikan. Banyak yang bertanya kapan layanan luring perpustakaan mulai dibuka dan bagaimana cara masuk ke perpustakaan karena perpustakaan menjadi kebutuhan utama mereka selama magang di Universitas Airlangga selama empat bulan kedepan.

Hits 204