Kiprah Pustakawan UNAIR

WhatsApp Image 2021 11 11 at 09.36.33

Pustakawan Universitas Airlangga (UNAIR) tidak hanya berkiprah di lingkungan Universitas Airlangga, namun juga di luar lingkungan Universitas. Seperti halnya yang dilakukan oleh dua orang Pustakawan UNAIR, yaitu Ika Rudianto, S.Sos., M.I.Kom dan Dwi Novita Anawati, S.Sos., M,Sc.

Ika Rudianto, S.Sos., M.I.Kom menjadi pembicara dalam acara yang diselengarakan oleh Perpustakaan Nasional RI, kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk bimbingan secara daring dengan tajuk "BimbO Pusdatin". Acara ini dilaksanakan pada hari Kamis, 11 November 2021 dalam rangka meningkatkan pemanfaatan apikasi layanan dan produk Perpustakaan Nasional RI. Ika Rudianto didapuk untuk menjadi salah satu narasumber untuk menyampaikan materi dengan topik "Transformasi Teknologi Perpustakaan, Implementasi dan Prospek Inlislite : Best Practice di Perpustakaan Universitas Airlangga". Kepada kurang lebih 450 orang peserta yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia ini, Ika Rudianto menjelaskan tentang pemanfaatan software Inlislite serta pengembangannya yang diaplikasikan oleh Perpustakaan UNAIR.

Satu lagi pustakawan UNAIR yang menjadi pembicara di luar lingkungan Unair adalah Novita Dwi Anawati, S.Sos., M.Sc yang menjadi narasumber dalam acara "Workshop Peningkatan Manajemen Perpustakaan Open Access Information" yang diadakan di IAIN Pamekasan Madura. Acara ini diselenggarakan oleh APPTIS Jatim dan IAIN Madura pada 12 November 2021 secara luring. Materi yang disampaikan oleh Novi, begitu beliau disapa membawakan materi berjudul "Open Access (OA): Tantangan dan Peran Pustakawan". Peserta workshop adalah pustakawan dari perguruan tinggi yang tergabung dalam Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam (APPTIS) yang berjumlah kurang lebih 40 orang.

 

Hits 62