Virtual Workshop Series 2021

WhatsApp Image 2021 11 24 at 11.53.36

Perpustakaan Universitas Airlangga menyediakan sumber-sumber informasi dalam bentuk elektronik sejak tahun 2000-an dan ejournal yang pertama dilanggan adalah ProQuest. Nmun seiring berjalannya waktu penambahan koleksi e-resources dilakukan sejalan dengan cita-cita Universitas Airlangga menuju World Class reserach University. Masing-masing platform e-Resources tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda, begitu pula dengan cara mengaksesnya.

Perpustakaan Universitas Airlangga menyelenggarakan vitrual workshop series selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 24-26 November 2021. Dengan bekerjasama dengan provider jurnal yang dilanggan oleh Universitas Airlangga (UNAIR) yaitu Elsevier, Springer dan EBSCO untuk memberikan informasi dan strategi penelusuran ejournal yang tepat. Sebagai MC dan moderator acara virtual workshop series adalah Indah Rachma Cahyani, S.IIP., M.A.

Hari pertama workshop series diawali dengan sambutan dari Kepala Perpustakaan, Ibu Suhernik, S.Sos., M.Si yang mana dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih atas kehadiran para guru besar, dosen, pustakawan, dan mahasiswa secara virtual melalui Zoom. Acara ini dilakukan untuk meningkatkan pemanfaatan e-Resources yang sudah dilanggan oleh Universitas Airlangga. Dilanjutkan dengan penyampaian informasi terkait Open VPN yang mana digunakan untuk akses e-Rresources dari luar jaringan kampus.

Setelah penyampaian materi Open VPN, dilanjutkan dengan materi dari Elsevier, yang mana diwakili oleh Johan Jang, beliau adalah Customer Consultant at Elsevier Asia Pacific (APAC). Johan Jang menyampaikan dua materi, yang pertama adalah "The Smart Way to Use the Scopus an ScienceDirect platforms" dan materi kedua adalah "Understanding and Avoiding Predatory Journals".

Hari kedua workshop series, peserta diajak untuk memahami lebih dalam tentang Web of Science (WOS) dengan topik materi "WOS utilization strategy" yang dibawakan oleh Mabel Tang beliau adalah Director, key account, customer engagement, APAC. Dilanjutkan dengan materi kedua yaitu "How to get published & useful tools for researcher" yang disampaikan oleh Dju-lyn Chng selaku Regional Solution Consultant at Clarivate Analytics.

Hari terakhir peserta mendapatkan materi dari EBSCO yang disampaikan langsung oleh bapak Miyoto, perwakilan dari Sagung Seto yang menyampaikan dua materi. Materi pertama adalah "Strategies for finding sources of information with EBSCO" dan materi kedua adalah "Book writing and publishing strategies"

Bagi sivitas akademika Universitas Airlangga yang tidak mengikuti acara ini secara langsung dapat menyimak siaran ulangnya di Youtube Unair Library, sedangkan untuk materi dapat diunduh di https://bit.ly/materiWSPUA2021

Hits 94